Begini Wujud Program Kentongan di Sintang

inidata.id - Komandan Kodim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki diwakilkan kepada Pasi Intel Kodim 1205/Stg, Kapten Inf Kardimin melaksanakan kegiatan dialog interaktif bersama BMKG Sintang, di studio RRI Sintang, Jalan YC Oevang Oeray, Sintang, Kalimantan Barat. Dengan topik pembahasan tentang bahaya bencana banjir dan puting beliuang serta program "Kentongan" yang akan disosialisasikan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Sintang.

Pasi Intel Kodim 1205/Stg, Kapten Inf Kardimin saat dialog menyampaikan kepada pendengar bahwa program ini bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya lama di masyarakat, mengingat di era digital sekarang ini masyarakat sudah melupakan kentongan sebagai media informasi tradisional.

"Menghadapi peralihan musim dari kemarau ke penghujan sekarang ini, kita harus siap menghadapi potensi bencana yang akan dihadapi, terutama banjir karena luapan air sungai. Untuk mengantisipasi terjadinya korban, Kodim 1205/Stg mendukung adanya program kentongan dan siap membantu mensosialisasikan program kentongan kepada masyarakat di desa-desa, agar kembali memanfaatkan kentongan sebagai alat komunikasi tradisional jika terjadi bencana," katanya.

"Dengan program ini diharapkan dapat membantu menekan angka korban dari bencana alam, informasi peringatan dini dengan menggunakan kentongan," ujarnya menambahkan.

Sementara, pihak BMKG Sintang yang diwakili oleh Bapak Anang menyampaikan siap berkoordinasi dan membantu pihak Kodim 1205/Stg dalam hal memberikan informasi tentang perkiraan cuaca di wilayah Kabupaten Sintang.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter