Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Dewan Jatim Berharap Ketempatan Laga Pertandingan

inidata.id - Penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Selain Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, pihak DPRD Jatim berharap Jatim bisa ketempatan untuk perhelatan pertandingan skala internasional tersebut.

“Selain warganya ramah, segala infrastruktur di Jatim sangat lengkap sehingga Jatim sangat layak ketempatan pertandingan sepak bola piala dunia U-20 yang akan digelar tahun 2020 mendatang,” ujar anggota Komisi E DPRD Jatim Kodrat Sunyoto saat ditemui di Surabaya, Kamis (31/10/2019).

Politisi asal Partai Golkar ini mengatakan adapun infrastruktur yang menunjang antara lain keberadaan jalan tol yang hampir sebagian besar ada di Jatim termasuk jumlah hotel berbintang juga banyak ada di Jatim.” Stadion sepak bola yang ada di beberapa daerah misalnya di Surabaya dan beberapa tempat lainnya juga layak untuk digelar pertandingan sepak bola tersebut,”.

Pria yang juga sekretaris FPG DPRD Jatim ini mengatakan dampak dari jika Jatim ketempatan digelarnya pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut tentunya akan mendongkrak wisata di Jatim dan terlebih akan mengangkat UMKM di Jatim. “Akan banyak supporter tim sepak bola dari luar negeri akan datang ke Jatim menyaksikan timnya bertanding dan tentunya disela-sela itu bisa berwisata ke beberapa tempat wisata di Jatim. Peluang ini sangat membantu sekali promosi Jatim di tingkat Internasional,”.

Sebelumnya, begitu mendapat informasi Indonesia resmi menjadi tuan rumah FIFA U-20 World Cup, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, langsung menelepon Menpora Zainudin Amali agar satu di antara venue yang digunakan untuk penyelanggaraan Piala Dunia U-20 ada di Jawa Timur.

"Saya bertelepon dengan Pak Menpora Zainudin Amali  agar salah satu  venue yang rencananya untuk FIFA U-20 World Cup 2021 ada di Jawa Timur, saya sampaikan bahwa ada beberapa opsi stadion yang siap ditinjau agar cukup waktu membenahi jika ada kekurangan," kata Gubernur Khofifah, Jumat (25/10/2019).

Mantan Menteri Sosial RI ini berkata, ada sejumlah stadion yang dinilainya bisa menjadi kandidat digelarnya event skala internasional kelas dunia. Sebut saja di Kota Surabaya ada Gelora Bung Tomo. Selain itu juga ada sejumlah stadion lain seperti di Malang ada Stadion Kanjuruhan, lalu di Lamongan ada Stadion Suryajaya, begitu juga di Tuban ada Stadion Bumi Wali, juga ada di daerah lain.

Sejauh ini yang dinilai FIFA cocok dijadikan venue untuk world cup di  Indonesia  adalah  Gelora Bung Karno. Diakui Khofifah dari segi fasilitas, kapasitas, kualitas , serta  sekuritas  di GBK paling   memenuhi standar event internasional.


Maka di Jawa Timur perlu dilihat  stadion mana yang paling dekat kualitasnya dan standarnya dengan GBK, diharapkan itu yang akan menjadi venue FIFA  U-20 World Cup di Jawa Timur. (Teks dan foto:Yudhie)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter