Ini Data Penting Pengamann Sistem Kabel Laut

Titik sentra jaringan koneksi Kabel Optik Internasional Pengamanan Sistem Kabel Laut sangat Penting  dalam menjaga dan menghindari dampak kerusakan dari kabel laut yang membentang di sepanjang wilayah Barat  Indonesia.
inidata.id - Sebagi alur pelayaran terpadat dan menjadi titik sentra jaringan koneksi Kabel Optik Internasional Pengamanan Sistem Kabel Laut sangat Penting  dalam menjaga dan menghindari dampak kerusakan dari kabel laut yang membentang di sepanjang wilayah Barat  Indonesia.

"Di tahun 2013 hingga 2019 ada sekitar 69 kabel laut putus 60 persen karena labuh jangkar kapal yang sembarangan penyebabnya tidak menyalakan  AIS ( Automotip Identipication Sistem) ," kata Direktur Utama Trias Mitra, Titus Dondi, penyedia perawatan Puber Optik, di Swis Bell Harbaour, Batam, Selasa (15/10/2019.

Kabel laut merupakan infrastruktur yang harus dilindungi keamanannya oleh operator pemilik kabel laut, karena menyangkut kepentingan publik untuk menyatukan Indonesia melalui jaringan Telekomunikasi.

Penjagaan Sistem Keamanan Kab Laut (SKKL) ini terbilang penting mengingat 99 persen lalulintas internet dunia ditopang oleh SKKL. Selain itu, Gateway SKKL Indonesia menuju jaringan internasional mayoritas via Singapura melalui area Batam. Dan Potensi kerugian para operator jika SKKL putus mencapai nilai miliar rupiah.
Dampak putusnya SKKL terhadap masyarakat sangat besar, yaitu terganggunya transaksi perbankan, perdagangan, layanan pemerintah pendidikan dan sebagainya.

Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Een Nuraini Saidah, mendukung program mewakili pembangunan SKKL di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Kepulauan Riau yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

"Mengingat jalur SKKL yang dikelola PT Triasmitra berada pada alur pelayaran yang sangat padat, pengamanan jalur SKKL dimaksud sangat diperlukan baik sebelum maupun sesudah penanaman dan penggelaran jalur dilaksanakan," kata Een Nuraini Saidah.

Kepada Utama Trias Mitra selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait agar sinergitas dapat tercapai dan memperhatikan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lindungan maritim.

Seperti diketahui, Palapa Ring merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU.

Penggelaran Palapa Ring oleh Pemerintah sepanjang lebih dari 12.000 km di 57 kabupaten /Kota di 11 provinsi dengan skema KPBU merupakan wujud dari kebijakan afirmatif pemerintah untuk menyediakan internet cepat di wilayah-wilayah Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) yang secara komersial tidak feasible untuk dibangun oleh pihak swasta.

Palapa Ring merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang monitoring dan evalussing dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam, Capt Barlet mengatakan memberikan pemahaman kepada Nakhoda kapal sangat penting untuk di fahami  Mengingat, seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, sarana yang paling tepat dan cepat dalam berkomunikasi maupun berinternet adalah menggunakan kabel optik di laut.

Selain itu, kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau-pulau membuat kabel laut ini menjadi hal yang sangat bagus dan pas diterapkan di wilayah Indonesia. Sehingga diperlukan sistem komunikasi yang massal. Dan bisa menghubungkan pulau-pulau di Indonesian.

"Karena kabel laut yang sudah digelar cukup panjang ini, sehingga para operator kapal dalam operasionalnya diharapkan bisa selalu bisa berkoordinasi," kata  Capt Barlet.

Sehingga bisa meminimalisir dampak negatif yang timbul dari adanya lego jangkar yang dikhawatirkan dapat merusakan jaringan kabel laut. Dia berharap, melalui sosialisasi ini keselamatan kabel laut ini bisa menjadi perhatian bersama. Karena keselamatan kabel laut sangat berdampak pada sektor ekonomi hingga keamanan .

"Untuk itu, diharapkan operator kapal bisa memahamai, menguasai dan mensosialisasikan hal ini ke jajarannya. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Untuk itu, mari bersama-sama menjaga kabel laut," kata  Capt Barlet.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter