Ini Peran Babinsa Bidang Pertanian

inidata.id -Upsus Pertanian dari Mabesad yang dibuka hari ini oleh Asisten Teritorial Kasad yang diwakili Perwira Staf Ahli Kasad, Brigjen TNI Widodo Iryansyah di Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang. Peran Babinsa Dalam Rangka Pendampingan Upsus Bidang Pertanian, itulah temanya.

Brigjen TNI Widodo Iryansyah menyebut, terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

"Program Pendampingan Upaya Khusus Pertanian kerjasama TNI AD dengan Kementan RI telah berjalan selama 4 tahun dan sampai dengan saat ini masih terus berjalan. Diharapkan kerja sama ini dapat terus meningkatkan pencapaian target dari program pertanian yang pada akhirnya dapat membuat negara menjadi negara yang berswasembada pangan," kata Brigjen TNI Widodo Iryansyah.

Selama pelaksanaan pendampingan TNI AD dalam bidang pertanian pada tahun 2018 menunjukkan hasil yang positif, hal tersebut ditandai dengan kenaikan produksi padi naik pada prosentase 4,07 persen, suatu hasil yang perlu kita syukuri bersama.

"Kepada Babinsa terkait program Pendampingan Upaya Khusus Pertanian diantaranya agar para Babinsa mendorong para petani untuk melaksanakan budaya tanam serentak dan meningkatkan luas tambah tanam (LTT). Membantu pembangunan infrastruktur jaringan irigasi tersier seperti embung, long storage. parit, dan sebagainya," kata Brigjen TNI Widodo Iryansyah.

Para Babinsa agar mengawal terus pendistribusian saprodi (pupuk dan benih) secara simpatik dan berkoordinasi dengan instansi terkait, mengptimalkan brigade Alsintan Kodim guna mendukung percepatan tanam, tingkatkan Indeks Pertanian (IP), dan tanam serentak. Juga memetakan potensi hasil panen tiap-tiap daerah dan laksanakan mekanisme rantai penyerapan gabah/beras secara terjadwal.

"Rangkul petani dan pengusaha agar menjual gabah atau beras ke Bulog terutama bagi mereka yang mendapat bantuan dari pemerintah," kata Brigjen TNI Widodo Iryansyah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter