Inovasi Kunci Pelayanan Publik Terbaik di Kota Pontianak

inidata.id - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono resmi membuka Pontianak Expo 2019, Pameran Pekan Inovasi Daerah dan Produk Unggulan Daerah di Pontianak Convention Center, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Rabu (23/10/2019). Pameran ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke-248.

Menurut dia, rangkaian pameran ini diharapkan bisa memberikan edukasi bagi warga Pontianak maupun pengunjung yang berasal dari luar daerah, untuk mengetahui seberapa jauh keseriusan Pemerintah Kota Pontianak dalam memberikan pelayanan publik terbaik.

"Saya juga mengucapkan terima kasih, terutama kepada Ombudsman yang terus memantau kinerja Pemkot Pontianak," kata Edi Rusdi Kamtono.
Masih menurut orang nomor satu di Kota Pontianak, inovasi menjadi bagian upaya bagaimana pihaknya bisa memberikan pelayanan publik terbaik. Apalagi, kata dia, Pontianak sudah dua tahun berturut-turut menyandang predikat terbaik dalam pelayanan publik sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 dengan skor 98,6 dan berada di zona hijau.

"Mudah-mudahan kita bisa terus mempertahankan predikat ini. Dengan segala problem yang kita hadapi, hanya inovasilah yang bisa membantu kita mengatasi masalah-masalah yang ada dalam memberikan pelayanan publik," kata Edi Rusdi Kamtono.

Kendati demikian, Edi Rusdi Kamtono  tidak memungkiri bahwa masih banyak keluhan-keluhan dari masyarakat, baik disampaikan secara langsung maupun tidak langsung, seperti media sosial dan media lainnya atau langsung disampaikan kepada instansi terkait yang memberikan pelayanan terbaik.

"Hal tersebut harus disikapi dengan bijak, terutama di OPD yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak. Bagaimana kita bisa memberikan pelayanan terbaik melalui inovasi," ujar Edi Rusdi Kamtono.

Dia menjelaskan, pelayanan publik di lingkungan Pemkot Pontianak memiliki konsep smart city. Berbagai aplikasi diciptakan untuk memberi kemudahan bagi bagi masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya mendorong setiap OPD agar mencetak inovasi setiap tahun.

"Mulai dari kepala dinas hingga kelurahan, kita minta mereka membuat inovasi-inovasi sehingga semua pelayanan maupun permasalahan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan cepat dan murah tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar," kata Edi Rusdi Kamtono.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter