Jelajah Kapal Kepahlawanan, jadi Pahlawan Masa Kini

inidata.id - Tanamkan rasa  Cinta Tanah Air  dan sosial yang tinggi  Kementerian Sosial  dan TNI AL bentuk 500 peserta jelajah kapal kepahlawanan menjadi pahlawan masa kini. Ada 500 peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan OKP dan Ormas  jelajah kapal pahlawan ke KRI Banda Aceh 593 yang ter sohor kapal kemanusiaan.

Kegiatan jelajah kapal kepahlawanan merupakan  rangkaian kegiatan  Hari Pahlawan 2019 digelar  lebih awal yakni  23-25 Oktober 2019. Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI, Arif Nahari, mengatakan kegiatan  jelajah kapal pahlawan bertujuan untuk lebih mengenalkan Indonesia kepada generasi muda sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia.

"Kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air, " kata Arif saat melepas 500 peserta JKK di  KRI  Banda Aceh 593 di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (23/10/2019).

Selain itu juga kegiatan tersebut untuk  menanamkan generasi muda  bahwa bangsa Indonesia merupakan  bangsa yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan  tangguh berlaut.

Sejak jaman dahulu sebagai pelaut yang ulung seperti Suku Bugis yang terkenal dengan perahu phinisi yang telah berhasil mengarungi samudera luas dan negara kepulauan terbesar  di dunia.

"Tahun Sebelumnya di gelar di Sulawesi,  tahun 2019 ini di gelar di Provinsi Kepri, yang terkenal denga wilayah maritim, " katanya.

Selain itu Provinsi Kepri juga  memiliki 3 Pahlawan Nasional, 2 pahlawan Ahlin perang di laut satu lagi Pahlawan pelopor  bahasa Indonesia yang terkenal dengan Gurindam 12  Raja Ali Haji. 

Kepulauan Riau adalah salah satu daerah kepulauan yang memiliki lebih dari 2000 pulau, dimana 95 persen  wilayahnya terdiri dari lautan dan 5 persennya daratan.  Kepulauan Riau juga tidak luput dari incaran bangsa asing seperti Belanda yang ingin menguasai Kepulauan Riau. Namun upaya Belanda tersebut mendapat perlawanan sengit dari Pahlawan Nasional yang ada di Kepulauan Riau seperti Sultan Mahmud Riayat Syah yang terkenal dengan Perang Gerilya Lautnya.

Saat ini di Kepulauan Riau terdapat Lantamal IV yang memiliki Dermaga Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) TNI AL Mentigi di Tanjung Uban yang dapat digunakan kapal jenis LPD bersandar.

 Kapal jenis LPD adalah kapal armada militer Angkatan Laut yang biasa digunakan untuk meluncurkan, membawa dan mendaratkan elemen muatan untuk misi-misi perang gerak cepat dan biasa digunakan untuk kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan sebelumnya pada tahun 2017 dan 2018. (*)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter