Kapolda Kalbar Klaim Situasi Aman Selama Pelantikan Presiden

inidata.id - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono melakukan monitoring perkembangn situasi Kabar dan nasional saat dilangsungkannya prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Jakarta hari ini, Minggu (20/10/2019).

Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono, Komandan Pangkalan TNI AU Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Palito Sitorus, Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksma TNI Agus Hariadi, Wakapolda Kalbar Brigadir Jenderal Polisi Imam Sugiantom serta Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, PJU Polda Kalbar, turut bersama memantau perkembangan situasi.
"Semua satuan TNI - Polri dikerahkan dalam mengelola keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus siap siaga menghadapi kemungkinan adanya gangguan kamtibmas di wilayah Kalimantan Barat yang dapat mengganggu kondusifitas jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono di Aula Kantor Wali Kota Pontianak.

Dia bilang, monitoring perkembangan situasi Kalbar ini untuk menciptakan kondusivitas Kamtibmas saat berlangsungnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019 oleh MPR RI di Jakarta.

"Semua kita lakukan secara terkoordinasi bersama dengan TNI dan pemerintah daerah dalam mewujudkan keamanan ini, sehingga ini memudahkan kami dalam berkoordinasi untuk mengambil langkah yang cepat dan tepat bilamana sewaktu-waktu ada gangguan situasi," kata Didi Haryono.

Dia berkata, semua tahapan pemilihan umum presiden dan wakil presiden di Kalimantan Barat berjalan aman, damai hingga pelaksanaan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden dan masyarakat juga tetap bisa melangsungkan aktivitasnya tanpa merasa khawatir akan adanya gangguan keamanan.

“Situasi Kalbar saat ini terpantau sangat Kondusif, aman. Semua unsur dilibatkan. TNI-Polri hari ini siap siaga, patroil bersama di semua jajaran Polres dan Polsek bersama seluruh jajaran TNI Kodam XII/Tpr di Kalbar dan sekarang kita telah menyaksikan bersama acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berjalan aman dan lancar," kata Didi Haryono.

Sore menjelang malam dilaksanakan apel konsolidasi personel di lapangan Mapolda Kalbar yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar.

“Kami mengapresiasi jajaran TNI-Polri dan seluruh masyarakat Kalimantan Barat yang telah turut andil berpartisipasi menjaga kondusifitas wilayah Kalbar. Rangkaian kegiatan sebelum dan selama pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden berjalan aman, lancar dan mantap," kata Didi Haryono.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter