Kopi Kekinian Suka-Suka

inidata.id - Anda penggemar kopi kekinian? Cobalah sesekali bikin sendiri. Seperti saya hari ini. Saya beli bahan-bahannya di toko tetangga sebelah rumah. Susu full cream saya pilih Cimory. Local brand dari Cisarua, Bogor. Gula aren saya ambil secara diam-diam dari dapur rumah mertua.

Tak lupa saya siapkan kental manis. Dulu namanya susu kental manis. Ternyata dalam penelitian terbukti tidak mengandung susu sama sekali. Kemudian berganti nama menjadi kental manis. Tanpa kata susu lagi.

Kopinya? Kalau untuk kopi saya tidak khawatir. Ada banyak kopi yang saya koleksi. Saya blend antara medium roasted long berry Arabica Gayo Takengon dengan medium roasted specialty Arabica Gayo Sipirok dan dark roasted Robusta lampung. Komposisinya saya ubah-ubah dalam beberapa formula.

Hasilnya kopi kekinian dengan citarasa unik. Suka-suka. Sesuai selera saya. Tidak kalah dengan kopi kekinian yang dijual di kafe terkenal.

Untuk semua bahan yang diperlukan, satu gelas kopi kekinian saya menghabiskan biaya kurang lebih Rp 5.000. Di JCo, saya beli menu yang sama dengan harga Rp 38.000.

Komponen biaya kopi termahal ternyata ubtuk layanannya. Bukan untuk kopinya. Begitulah bisnis.(Joko Intarto/jto*)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter