Melihat dari Dekat Karya Seni GSMS Lampung

inidata.id - Selama tiga hari ratusan pelajar SMA/ SMK Lampung tampil unjuk kreativitas seni  dalam ajang Gelar Karya Seni   GSMS 2019 yang ditaja ditaja 25 – 27 Oktober  2019  di Transmart , Bandar Lampung

Para pelajar peserta program GSMS Provinsi Lampung dari Bandar lampung dan Lampung Selatan secara bergiliran tampil mementaskan karya kreativitas seninya dari ; SMA Mutiara Natar, SMKN 1 Natar, SMKS Tri Sukses Natar, SMA N 15 Bandar Lampung,SMA Muhammadiyah 1 Bandar Lampung, SMA Guna Dharma Bandar Lampung, SMK PGRI 1 Bandar Lampung, SMA Plus Muhammadiyah Natar, SMK Budhi Karya, Natar, SMK 2 SWADIPA, Natar, SMAN 16 Bandar Lampung, SMA Taman Siswa Telukbetung, SMK Krida Wisata Bandar Lampung, SMK Satu Nusa  Bandar Lampung, SMK Wiyata Karya Natar, SMK Yadika Mutiara Putri, Natar, SMK Dwipangga, Bandar Lampung, SMAN 17 Bandar Lampung, SMA Utama 2 Bandar Lampung,SMK Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dan SMK Taruna Bandar Lampung, berupa, pentas teater, seni tari, seni musik,  pemutaran film dan baca puisi.

Selama berlangsungnya acara pentas seni ini  para pelajar dengan kreativitas dan kebolehannya  berhasil memesona  ribuan orang pengunjung Transmart , satu mall tersebar  di Bandar Lampung. Gebyar Karya  Seni  ini merupakan hasil pembelajaran dari program GSMS yang melibatkan  ratusan siswa, 21 seniman, 21 asisten seniman dan puluhan stakeholder.

Kabid Kebudayaan  Disdikbud Provinsi Lampung Heni Astuti,mewakili Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menyatakan bangga, dengan gelaran ajang Gelar Karya Seni GSMS 2019 ini yang mendapat apresiasi yang sangat baik dari  seniman ,  stakeholder dunia pendidikan, mulai kepala sekolah, guru, siswa, orang tua murid, transmart Bandar Lampung dan masyarakat luas. Gelar Karya Seni ini  merupakan  sebuah bukti keberhasilan, pendidikan karakter yang ditanamkan lewat pelajaran kesenian. Buktinya,  para siswa berhasil membangun kerjasama, toleran dan saling menghargai. Sedangkan bonusnya munculnya berbagai potensi ragam seni yang berhasil dieksplorasi dari program GSMS ini. "Harapannya ke depan kepala sekolah dan guru terus meningkatkan apresiasi, kreativitas dan capain prestasi siswanya dalam bidang seni," ujarnya dalam penutupan gelar Karya Seni  GSMS, Minggu (27/10/2019).

Kabid Kesenian Disdikbud Lampung M.hari W Jayaningrat, S.Sos, MM, menambahkan, Para pelajar yang pentas   ini merupakan peserta program GSMS  yang diiniasi Kemendikbud Republik Indonesia." Untuk tahun 2019 ini, Lampung mendapat  jatah  21 SMA/SMK negeri dan swasta yang menyebar di Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung.

Gelar Karya Seni Siswa , lanjut Hari, digelar  di ruang publik agar karya siswa bisa dinikmati masyarakat luas. Selain itu juga mengapresiasi karya para siswa dan seniman yang sudah terlibat dalam program ini.

“Mudah-mudahan dengan suksesnya program GSMS 2018 ini, harapannya tahun 2020 mendatang, Lampung mendapatkan kuota peserta GSMS lebih banyak lagi," kata Hari.

Pada kesempatan itu, Hari juga mengucapakan terima kasih kepada BPNB, Transmart dan berbagai pihak yang terlibat dan mendukung hingga  Gelar Karya Seni GSMS 2019 ini berjalan lancar dan sukses. "Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama upaya bersama untuk memakmurkan seni lewat sekolah dan membangun karakter bangsasekaligus menumbuhkembangkan kesenian di Lampung". (Tesk dan foto: Ko Chris Tian)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter