Pentas Seni Karya GSMS Lampung 2019

inidata.id - Pergelaran Pentas Seni Karya siswa peserta program Gerakan Seniman Masuk Sekolah( GSMS) Lampung 2019 akan ditaja di Main Hall, Transmart Mal, Bandar Lampung, Jumat (25/10/2019). GSMS yang diinisiasi Kemendikbud sejak tahun 2016 ini di Lampung melibatkan 21 SMA/SMK dari Kota Bandar Lampung dan Lampung Selatan.

Pentas Seni  yang akan menampilkan karya  siswa SMA/SMK Provinsi Lampung yang akan berlangsung dari 25  - 27 Oktober ini akan dibuka  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar, Jumat (25/10/2019)

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar didampingi Kabid Kebudayaan Heni Asustuti, mengatakan, ada dua hal penting dalam program GSMS ini, pertama, harapannya para siswa dapat menengenali, memahami terutama kesenian daerahnya, kemudian menemukan jati dirinya melalui pembelajaran seni.

“Siswa diharapan dapat pengetahuan tentang kerja kreatif sekaligus belajar proses kreatif seniman dalam berkarya,” ujar Sulpakar.

Yang kedua, kata Sulpakar program GSMS ini, karena dikerjakan dalam waktu yang terbatas,  tidak bertujuan muluk-muluk mencetak para  siswa perserta program ini  jadi seniman.

“Tetapi melalui program ini apresiasi siswa terhadap kesenian makin meningkat dan juga sebagai wahana penguatan karakter siswa,” kata Sulpakar.

Kabid Kebudayaan Heni Astuti menambahkan, program Gerakan Seniman Masuk Sekolah  ini harus dipahami bukan sekadar mengajarkan kesenian hanya sebagai sebuah proses kreatif  kepada para siswa, tetapi juga sebagai wahana penguatan karakter melalui penanaman dan penyerapan nilai-nilai positif yang terkandung dalam kesenian itu.

“Program GSMS yang  diselenggarakan agar siswa memahami dan dapat mengasah kepekaan terhadap nilai-nilai positif seperti nilai kejujuran, keberanian, solidaritas, dan kebhinekaan," kata Heni Astuti.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan yang juga Kasi Kesenian Disdikbud Lampung Hari W Jayaningrat mengatakan program GSMS  mendapat respon positif para seniman, sekolah dan para siswa. Program GSMS yang digelar Kemendikbud Provinsi Lampung melalui Disdikbud Provinsi Lampung berjalan lancar.  Pementasan ini digelar  di ruang publik bekerja sama dengan TransMart Bandar Lampung . Keberhasilan GSMS ini kami rayakan dengan Pementasan gelar karya siswa bersama berupa, pentas teater, seni tari, seni musik,  pemutaran film dan baca puisi.
“Gelar karya seni siswa  di ruang publik agar karya siswa bisa dinikmati masyarakat luas. Selain itu juga mengapresiasi karya para siswa dan seniman yang sudah terlibat dalam program ini,” ujar Hari.

Hari Jayaningrat berharap GSMS ini,  bisa menjadikan semangat dan energi yang menjadikan generasi muda ke depan berkarakter sekaligus menjaga marwah kebudayaan Indonesia.

“Melalui program GSMS ini diharapkan muaranya akan lahir generasi muda yang kreatif, berkarakrter sekaligus bermartabat,” kata Hari. (Teks dan foto: Ko Chris Tian)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter