Wahid Foundation Ajak Pesantren Melestarikan Lingkungan

Wahid Foundation juga menilai gerakan pelestarian lingkungan masih jarang melibatkan tokoh agama. (Foto: Wahid Foundation ) 
inidata.id - Ratusan santri pesantren luhur Al Tsaqofah, Ciganjur Jakarta Selatan mengikuti talkshow Eco Islam yang bertajuk "Love Humans, Love Nature"  Kamis, 31 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan serangkaian Seminar Eco Islam yang diselenggarakan atas kerjasama Wahid Foundation dengan DW, hari kedua sengaja memilih pesantren sebagaimana diketahui Pesantren merupakan corak pendidikan asli Islam di nusantara. 

"Pesantren merupakan sub kultur bangsa Indonesia, melalui pesantren kami berharap kampanye Islam ramah  lingkungan ini akan ditularkan ke berbagai pesantren, tokoh masyarakat dan masyarakat luas," kata Direktur Eksekutif Wahid Foundation, Mujtaba Hamdi, dalam keterangan tertulisnya.
Selain itu, Wahid Foundation juga menilai gerakan pelestarian lingkungan masih jarang melibatkan tokoh agama padahal di Indonesia mayoritas penduduknya merupakan pemeluk salah satu agama. 

Pesantren Al Tsaqafah pimpinan KH Said Aqil Siradj ini dipilih sebagai tempat penanaman pohon karena letaknya di pusat kota Jakarta, dan pengasuhnya pimpinan organisasi keagamaan terbesar di dunia. Sehingga, harapannya kedepan gerakan ini membawa pengaruh besar dalam perkembangan wawasan keagamaan terkait Islam dan lingkungan di Indonesia. 
Selain talkshow Eco Islam, penanaman pohon kegiatan hari ini juga diisi serangkaian penampilan seni budaya dari remaja. Hadir pula dalam kesempatan ini beberapa pembicara dari Pakistan, Bangladesh serta berbagai peserta yang hadir dari berbagai etnis dan agama.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter