Belajar Bersama di Warung Kopi

Oleh: Muhammad Ragil Rabiul Akbar

inidata.id - Tempat bukanlah halangan bagi kami belajar. Di mana pun, kami belajar.  Waroeng Kopi Aniew, Jalan Merapi, No.177, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Inilah tempat berkumpul. Belajar bersama menyoal era kekenian.

Pada 9 November 2019 tepatnya di malam Minggu yang begitu padatnya dan begitu dinginnya saat itu, saya sedang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik tingkat dasar atau PJTD. Saya, bersama teman-teman beserta pengurus untuk meningkatkan pemahaman tentang teknik-teknik menulis berita.

Waktu itu selepas salat Magrib. Saya dan teman-teman serta pembimbing mengadakan salawatan bersama untuk memperingati Maulid Nabi SAW. Sampailah jam setengah 7 selesai dan langsung ke Masjid untuk menunaikan salat Isya berjamaah.

Selesai sudah salat. Saya dan para teman-teman diajak pergi ke suatu tempat yaitu tepatnya di warung kopi. Di sana akan ada yang akan menyampaikan materi-materi dasar yang belum saya ketahui.
Ini sebagai ilmu tambahan dan sangat bermanfaat untuk kedepannya. Tidak lama menunggu dengan cepat saya dan teman-teman bersiap-siap untuk pergi ke tempat tujuan.

Dengan mengendarai roda dua. Yang di setiap motor di tempati oleh 2 orang, yang di mana saya waktu itu bergoncengan dengan pengurus yang bernama Hendra.  Dan semua sudah siap, langsung lah kami pergi satu per satu motor berjalan keluar di kampus IAIN Pontianak.

Di perjalanan ke tempat tujuan, saya berbincang dengan Hendra. Bercerita-cerita tentang serunya kegiatan yang sedang kami lakukan sekarang. Tak lepas juga menegur teman-teman saya yang kadang menyalip di samping.

Padatnya jalan membuat kami lama untuk sampai ke tujuan. Tak lama tiba-tiba kami berhenti di suatu warung kopi yang begitu ramainya dikunjungi. Tetapi dari salah satu pengurus bilang bahwa tempatnya bukan di sini lebih tepatnya salah tempat, karena tempat tujuan kami masih jauh dan kembali melanjutkan perjalanan.
Sekitar 5 menit dalam perjalanan dan tiba lah di tempat tujuan dengan selamat dan langsung memarkirkan motor di tempat yang sudah disediakan . Terus menuju pintu masuk dan di dalam sana sudah ada menunggu kami dari tadi.

Dia kelihatan senang dengan kedatangan kami. Dan kami pun sangat senang karena bisa bertemu dengan beliau. Kami pun langsung memindahkan meja-meja untuk dibuat menjadi panjang agar bisa berdiskusi secara nyaman. Dan kami semua duduk di tempat yang sudah disediakan.

Saat itu kami ditraktir sebuah teh es oleh Hendra. Dan kamipun merasa senang dan berterima kasih kepada beliau karena atas kebaikannya tersebut.

Tak lama berbincang bincang kemudian pemateri memulai menyampaikan materi yang ingin disampaikan ke kami. Dari yang saya dengar ada menyebutkan bahwasanya, “Seperti kita mengikuti sebuah organisasi dan di dalam organisasi tersebut terdapat beragam mahasiswa dari berbagai prodi, Nah dari situ kita bisa berinteraksi bersama mereka dan memulai langkah baru,”.

Dari situ saya paham. Karena saya sudah merasakan dampaknya atau pengaruhnya karena telah mengikuti kegiatan ini dan bertemu teman teman dari Prodi lain yang kadang berbeda pendapat dan kadang setuju kalau sedang berargumen.

Sehingga terjadi komunikasi antara kami. Di dalam kegiatan di warkop ini terdapat teman dari LPM Untan yang ikut bergabung bersama kami untuk mendengarkan materi.Mereka 3 orang yang ada satu laki-laki.
Seiring berjalannya waktu materi yang disampaikan  sudah selesai. Dan kami dan para pengurus mengucapkan banyak-banyak terima kasih. Kami pun segera pulang ke kampus untuk makan malam yang memang saya sudah lapar.

Dan kami para anggota pamit kepada pemateri. Karena sudah berbagi ilmunya kepada kami semua dan berterima kasih kepada beliau. Semoga sehat selalu dan dimurahkan rezekinya dari Alloh SWT.

Muhammad Ragil Rabiul Akbar adalah Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak Prodi KPI

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter