Disperpusarsip Lampung Kunker ke Lambar, Ini Hasilnya

inidata.id - Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Heriyansyah mewakili Kadis Perpustakaan dan Kearsipan  Ferynia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Barat, Kamis (28/11/2019).  Maksud kunjungan adalah dalam rangka monitoring dan pembinaan kepada perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

"Kunjungan kami ini ingin  melihat dari dekat, karena Kabupaten Lampung Barat sudah ditetapkan sebagai kabupaten literasi. Di mana setiap desa atau kelurahan ada perpustakaan desa/kelurahan," kata Heriyansyah.

Upaya Bupati Lampung Barat dengan berkomitmen mendorong penanaman budaya membaca dan menulis baik di lingkungan sekolah, masyarakat serta keluarga dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Gerakan Literasi Daerah.

"Hal itulah yang mendorong kami Disperpusarsip Provinsi Lampung sebagai wujud pembinaan untuk turun dan melihat secara langsung perpustakaan desa di beberapa pekon di wilayah Kabupaten Lampung Barat," ujar Heriyansyah.

Adanya perhatian dan dukungan dari bapak Bupati , tentunya menjadi motivasi bagi kawan-kawan Dinas Perpusarsip Kabupaten  Lampung Barat guna menggaungkan perpustakaan
untuk mencerdaskan masyarakat sampai ke pelosok desa.

Koordinator Tim Monitoring dan Pembinaan Heriyansyah dan rombongan yang terdiri dari Kepala Seksi Pengembangan Minat Baca Trisiana, Zambo Marino (perwakilan Bidang Deposit, Akuisisi dan Pengolahan Bahan Baca) serta Wayuna Muharam (Penyusun Rencana Humas) mengawali kunjungan ke Perpustakaan Desa Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Perpustakaan desa ini menurut Kurniadi Peratin Pekon Padang Tampak dirintis sejak tahun 2016.

"Dahulu namanya lamban baca, sekitar ada 7 (tujuh) di lingkungan Peratin Padang Tampak," ujarnya.

Untuk mengisi Buku-buku di Perpustakaan desa, diperoleh dari dana desa. Hanya dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun sejak dirintis tahun 2016, dibawah pembinaan istri peratin, perpustakaan desa Pekon Padang Tambak berhasil meraih prestasi sebagai Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Tahun 2019. Untuk Tngkat Nasional berhasil meraih Juara Harapan 1. Tim selanjutnya mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat.

Sementara itu Kepala Seksi Pengembangan Minat Baca Trisiana menjelaskan, bahwa perpustakaan desa yang kami kunjungi agar mengisi form profil perpustakaan desa.

"Pengisian form profil perpustakaan desa  dimaksudkan untuk bahan evaluasi" ujar Trisiana. (Ko Chris Tian)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter