Kaya Indonesiaku

Oleh: Fani Novita
inidata.id - Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 terdiri dari beberapa pulau yang tersebar dari Sabang sampai merauke. Oleh karenanya Indonesia disebut Negara kepulauan  yang terletak pada garis tengah khatulistiwa. Anugrah yang telah Tuhan yang Maha Kuasa berikan kepada kita negeri yang kaya akan sumber dayanya.

Iklim tropis yang merupakan iklim yang paling baik bagi pertumbuhan tumbuh-tumbuhan, tanah yang subur dengan curah hujan yang stabil membuat tanaman tumbuh dengan subur. Tak heran jika Indonesia di jajah oleh Negara lain yang ingin memiliki Negara Indonesia ini untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Wilayahnya yang terpisah oleh samudera, lautan, dan selat, yang mengakibatkan keberagaman ras, suku bangsa yang memiliki adat dan kebudayaan yang berbeda. Masing-masing suku bangsa memiliki adat dan budaya yang dimiliki Indonesia yang telah diakui dalam Internasional.

Nenek moyang yang telah mewariskan adat istiadat merupakan harta karun kedua yang harus dilestarikan. Namun, akibat globalisasi banyak yang kurang mengenal akan nilai dan norma luhur dari budaya warisan. Hal ini tidak boleh kita biarkan karena generasi setelah kita hanya dapat mendengarkan cerita mengenai budaya dan tidak meraskannya

Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu Negara memiliki kaitan yang erat, dimana kekayaan sumber daya alam akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat. Akan tetapi ada kenyataannya hal tersebut justru sangat  bertentangan karena Negara-negara didunia yang kaya akan sumbur daya alamnya

Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus dan selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan, tumbuhan, angina dan air adalah beberapa contoh SDA yang dapat diperbaharui. Walaupun jumlahnya sangat nelimpah di alam penggunaannya harus tetap dibatasi dan dijaga.

SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat dari pada proses pembentukannya dan apabila digunakan terus-menerus akan habis.

Tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dalam hal ini, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk beberapa faktor.

Daerah peraiaran di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman, dan hewan laut serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral. Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terlatak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kayak akan mineral.

Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat beragam dan melimpah. Organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati melalui proses fotosintesis. Oleh karenanya tumbuhan merupakan produsen atau menyusun dasar rantai makanan. Eksploitaasi tumbuhan  yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingakat di atasnya

Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup dan bumi sendiri didominasi oleh wilayah perairan. Dari total wilayah perairan yang ada 97 persen merupakan air asin dan hanya 3 persen air yang merupakan tawar. Air juga digunakan untuk mengairan bahan dasar indusri minuman, penambangan. Dibidang teknologi air sebagai sumber listrik  sebagai pengganti dari minyak bumi.

Angin merupakan hal yang mampu menghasilkan energy dengan menggunakan turbin yang pada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih ddari 30 meter didaerah dataran tinggi. Selain sumbernya yang terharukan dan selalu ada energy yang dihasilkan angina lebih bersih dari residu yang dihasilkan oleh bahan bakar lain pada umumnya. Beberapa Negara telah mengaplikasikan turbin angin sebagai sumber energy alternatif oleh Iinggris. (Fani Novita adalah mahasiswa IAIN Pontianak)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter