Malam Minggu di Warung Kopi

Oleh: Yashinta Eltrixia Shabrina

inidata.id - Yashinta Eltrixia Shabrina. Demikian kedua orangtua saya memberi nama lengkap saya. Saat ini, saya menimba ilmu di FEBI IAIN Pontianak, Prodi Ekonomi Syariah.

Di kampus, saya mengikuti berbagai pertemuan. Satu di antaranya adalah di LPM Warta. Sebuah Lembaga Pers Mahasiswa IAIN Pontianak. Hal yang selalu diceritakan pengurus di Warta ialah pelatihan jurnalis tingkat dasar atau di singkat PJTD.  
Nah, saya sebagai pendengar menjadi tidak sabar apa itu PJTD.  Hari yang ditunggu pun tiba. PJTD dilaksanakanpada Sabtu dan Minggu 9 -10 November 2019 di kampus tercinta. Di mana lagi kalau bukan di Institut Agama Negeri Islam (IAIN ) Pontianak, Kalimantan Barat.

Sebelum PJTD diadakan, panitiapun mengarahkan para peserta termasuk saya, untuk technical meeting di skeretariat LPM Warta. Kamipun dijelaskan apa itu PJTD.

Barang apa saja yang harus di bawa dan yang paling penting dan menyenangkan adalah kegiatan ini gratis tidak dipungut biaya. Jadi saya sebagai peserta sangat bersyukur.

Kami disuruh berkumpul di gedung Fakultas Syariah ruangan J 108. Sebenarnya acaranya dimulai jam 16.00 WIB. Tapi masih banyak peserta yang telat.
Jadi acara ngaret sedikit, pembukaan acara ini pun dibuka Ketua Umum Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) WARTA IAIN Pontianak, Indah Chandika Anisyavira. Setelah itu kamipun langsung diberi materi Hariyanto. Ia berkerja di Tribun Pontianak.

Dia juga menjelaskan secara rinci tentang pembuatan berita selama materi. Kamipun disuruh praktik langsung cara membuat judul dan isi berita yang benar. Lebih fokus mencari informasi dari narasumber.
Setelah materi beliau, kamipun disuruh membuat saran,kritik dan harapan. Alhasil apa yang kami tulis dituruti oleh panitia, jadi makin seru mengikuti kegiatan PJTD. Kamipun diarahkan untuk istirahat dan salat Maghrib. Karena kami akan melakukan salawatan bersama untuk memperingati Maulid Nabi SAW.
Setelah salawatan bersama, kamipun diberitahukan bahwa materi yang kedua ini tidak dilaksanakan di kampus melainkan di warung kopi. Kamipun senang bukan main. Karena bisa malam minggu di warung kopi.

Setelah kami tiba di warung kopi yang bernama Waroeng Kopi Aniew Jalan Merapi, No.177, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, kami bertemu sang pemateri. Beliau juga mengundang LPM Untan. Kamipun berkenalan.

Beliau menjelaskan tentang semua banyak hal dan keadaan warung kopi serta soal pers mahasiswa di era kekinian.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter