Pengaruh Pendidikan Kepada Kualitas Anak Pedesaan

Oleh: Fitriyani
inidata.id - Pendidikan adalah sebuah pembelajaran pengetahuan, keterampilan yang sangat penting dan juga dikatakan kebiasaan sekelompok orang yang di turunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Di manapun kita berada pasti akan menjumpai yang nama nya pendidikan.

Tetapi bermacam - macam pendidikan yang akan kita temukan tergantung dari tempat pendidikan itu berada. Keluarga,  masyarakat (lingkungan)  merupakan salah satu penyebab berbedanya kualitas sebuah pendidikan kepada anak didik.

Sudah bukan menjadi hal yang sifat nya rahasia lagi bahwa anak-anak yang hidup di dalam lingkungan pedesaan amat sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti yang di peroleh anak-anak pada umumnya. Khusus nya seperti mereka yang hidup di dalam lingkungan perkotaan.

Pendidikan yang merekan dapatkan seringkali hanya sebatas kelayakan dari pendidikan di indonesia,  bahkan mereka banyak yang cendrung tidak mengikuti perkembangan zaman. Dari beberpa permasalahan anak-anak di kawasan pedesaan yang ada saat ini, yaitu sulitnya memperoleh pendidikan yang layak.

Pada umumnya mereka akan mengenyam pendidikan selama 12 tahun, tetapi pada faktanya mereka sulit bahkan untuk menjangkau lokasi untuk kesekolah terkadang sebagian dari mereka rela mengarungi sungai demi mendapatkan pendidikan. Selain itu di antara mereka juga banyak yang tidak menggunakan alas kaki di saat belajar.

Tapi yang sangat disayangkan dari pendidikan anak-anak di pedesaan adalah masalah kurangnya tenaga pengajar, padahal kualitas dari seseorang bisa dilihat salah satunya adalah dari seberapa tinggi dan layak pendidikan yang di dapatkan.

Tentunya orang yang sudah sarjana jauh lebih berkualitas dari orang yang hanya lulusan sekolah dasar, dari itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan hal yang sangat penting dan harus diutamakan karena ia sangat mempengaruhi kualitas dari seseorang khususnya anak-anak yang saat ini berada di pedesaan.

Seperti yang di katakan oleh salah satu dosen IANI Pontianak, Dahlia Haliah Ma'u bahwa hal di atas seharusnya menjadi perhatian yang lebih oleh pemerintah setempat untuk memberikan ruang kepada pendidikan di pedesaan,  dengan memfasilitasi tenaga pengajar yang lebih berkualitas atau memberikan ruang melalui beasiswa kepada anak di pedasaan. Agar mereka bisa selayaknya belajar seperti anak-anak di perkotaan. (Fitriyani adalah Mahasiswa FTIK  IAIN Pontianak Prodi  PGMI)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter