Wujud Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

inidata.id - Wawasan dan pengetahuan tentang kearsipan terhadap siswa siswi SMA/SMK di Kabupaten Lampung Selatan, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) bagi SMA/SMK Negeri dan Swasta se- Kabupaten Lampungu Selatan.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Ferynia di Aula Sebuku, Komplek Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.
Kegaiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini, dihadiri peserta yang terdiri dari 550 orang siswa/i dan 30 orang Guru Pendamping pada SMA/SMK se-Kabupaten Lampung Selatan.

Ferynia mengatakan gerakan ini merupakan kegiatan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya tertib mengelola arsip bagi siswa/i SMA/SMK terutama di Kabupaten Lampung Selatan.

"Penyimpanan dan pengelolaan arsip yang baik merupakan bagian penting dari pencapaian kinerja instansi atau organisasi, dan untuk melihat hasil kinerja pada masa sebelumnya," ujar Ferynia.

Ia menjelaskan membangun kesadaran untuk mengelola arsip cukup penting, karena saat ini arsip masih dipandang sebelah mata dan pentingnya arsip belum benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
Menurut dia, Arsip merupakan bagian dari data, catatan peristiwa dan sejarah dari perjalanan kinerja suatu instansi sehingga jika hilang juga mengaburkan kerja yang telah dilaksanakan.

"Peranan pentingnya arsip seakan tidak terlihat, hal ini menyebabkan seakan-akan arsip menjadi sebuah karya yang dipinggirkan oleh masyarakat dan juga oleh organisasi," katanya.

Melalui GNSTA bagi siswa/i SMA/SMK Negeri dan Swasta se- Kabupaten Lampung Selatan, Ferynia berharap mampu menyadarkan kita semua akan pentingnya pengelolaan arsip yang tertib melalui penyimpanan dan kemudahan akses informasi.

"Penyimpanan dan kemudahan akses informasi merupakan bukti sekaligus bentuk pertanggungjawaban kita terhadap keselamatan arsip pribadi," ujarnya.

Selain itu, masih kata Ferynia gerakan ini juga penting untuk memberikan pembekalan bagi siswa/siswi dalam menanamkan pemahaman sejak dini akan pentingnya pengelolaan arsip yang baik sehingga dapat lebih menertibkan arsip-arsip pribadi.

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan mengembangkan wawasan, pengetahuan, kemampuan serta keahlian dalam rangka terwujudnya Budaya Tertib Arsip bagi siswa/i SMA/SMK Negeri dan Swasta se- Kabupaten Lampung Selatan serta untuk kita semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Putri Kartarina dalam laporannya mengatakan selain memberikan wawasan dan pengetahuan tentang kearsipan, kegiatan ini juga guna menjadikan siswa/i untuk disiplin dan sadar akan pentingnya pengelolaan arsip personal bagi kehidupan dan masa depannya.

"Kegiatan ini juga untuk terciptanya generasi bangsa yang peduli dan siap menghadapi tantangan kedepan dalam estafet pembangunan," ujar Putri.

Narasumber dari kegiatan GNSTA bagi SMA/SMK Negeri dan Swasta se- Kabupaten Lampung Selatan ini terdiri dari Instruktur dibidang kearsipan dari
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan.

Materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi Kebijakan Kearsipan, Pengantar Kearsipan dan Teknis Pengelolaan Arsip Personal. (Teks dan foto: Ko Chris Tian)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter