Babinsa Simba Raya Berikan Vaksinasi Rabies

inidata.id - Babinsa Desa Simba Raya Koramil 1205-19/Kelam, Serda Jasno bersama personel Dinas Kesehatan Sintang melaksanakan program vaksinasi rabies yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang di Desa Simba Raya, Kecamatan Binjai Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Kegiatan vaksinasi rabies ini merupakan program Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang guna pencegahan penyakit rabies kepada masyarakat, sekitar 60 ekor anjing peliharaan milik warga masyarakat Desa Simba Raya yang telah diberikan vaksin.

Vaksin yang disuntikan ke anjing peliharaan warga tersebut adalah jenis Rabisin. Setelah pemberian vaksin petugas membagikan buku vaksin dan stiker serta kalung berwarna merah kepada pemilik anjing agar dikalungkan di leher anjing peliharaannya sebagai bukti bahwa anjing tersebut sudah tervaksin.

Menurut Serda Jasno, vaksinasi yang dilakukan merupakan upaya pemerintah setempat untuk memberikan kekebalan kepada tubuh anjing terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus serta bakteri. Vaksin yang diberikan mengandung organisme hidup yang dilemahkan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran rabies di wilayah Kecamatan Binjai Hulu khususnya dan Kabupaten Sintang pada umumnya," kata Serda Jasno.

Syarifudin salah satu warga Desa Simba Raya menyatakan bahwa kegiatan vaksinasi rabies yang dilakukan sangat diharapkan oleh masyarakat untuk mencegah warga terinfeksi virus rabies apabila di gigit anjing. Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini masyatakat Desa Simba Raya merasa aman dan tenang apabila melaksanakan aktifitas di luar rumah, tidak khawatir lagi dengan keberadaan anjing peliharaan.  "Masyarakat sangat senang dengan program ini, semoga program vaksinasi ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,".

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter