Etika dan Moral Menata Perilaku

Oleh: Sapto Nur Cahyo
inidata.id - Adat kebiasaan manusia sebagai makhluk sosial adalah bergaul dengan sesamanya. Namun sebagian orang ada yang tidak mengetahui bagaimana menyapa orang lain apabila akan memulai komunikasi saat bergaul.

Mereka yang jarang bergaul di masyarakat, akan kelihatan canggung dan kaku apabila akan melakukan interaksi. Biasanyapun kata-kata yang akan mengawali pembicaraan, bagi yang tidak mengenal etika bergaul memang akan terasa sedikit mengalami kesulitan dalam komunikasi. Akibatnya komunikasi diantara mereka bisa terlihat tidak lancar.

Bahkan sikap pribadi seseorang tanpa etika akan memberi kesan yang buruk untuk lawan bicara. Mengawali komunikasi dengan orang lain tanpa etika akan merusak interaksi terhadap yang lainnya. Pentingnya etika menata pribadi seseorang, etika akan menjadikan seseorang santun, rendah hati dan berwibawa.

Melihat saudara muslim, etika komunikasi yang biasa dilakukan ialah, diawali  dengan salam ketika sesama muslim saling bertemu. Dengan pengertian yang dikutip dari Koesman: 2008, bahwa dengan megucapkan salam dimaksudkan saling mendoakan. Selain itu juga diberikan pengajaran tentang,“Apabila kamu dihormati  dengan suatu penghormatan maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balaslah dengan yang serupa.

Sedikit mengulas tentang etika, yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Ethos yang mempunyai bentuk jamak sebagai Ethika. Etos sendiri berarti kebiasaan dan sekaligus kelakuan atau baik tindak tunduk yang nyata maupun tindak tunduk yang berasal dari motivasi dan kecendrungan hati yang tidak nyata. Biasa juga etika dikaitkan dengan moral.

Sementara moral juga dapat diartikan sebagai tingkah laku, sikap, tindakan, kelakuan yang dilakukan seseorang pada saat melakukan sesuatu berdasarkan pengalaman, tafsiran, suara hati serta nasehat. Menyangkut kegiatan-kegiatan yang dianggap baik atau buruk, benar atau salah, tepat atau tidak tepat sesuai kaidah - kaidah yang diterima, menyangkut apa yang dianggap benar, baik, adil dan pantas.

Secara umum, moral adalah batasan pikiran, prinsip, perasaan, ucapan dan prilaku manusia tentang nilai-nilai baik buruk atau benar salahnya. Moral merupakan suatu tata nilai yang mengajak seorang manusia untuk berprilaku positif dan tidak merugikan orang lain. Seseorang telah dikatakan bermoral jika ucapan, prinsip, dan prilaku dirinya dinilai baik dan benar oleh standar-standar nilai yang berlaku dilingkungan masyarakat. Jadi, tidak ada ruginya untuk beretika dan bermoral dalam komunikasi. Salam kebaikan...!!!. (Penulis adalah Jurnalis siber Inidata.id, Mahasiswa KPI IAIN Pontianak, dan aktivis pers mahasiswa LPM Warta)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter