GenBI Kalimantan Barat Berbagi Kasih untuk Semua Umat

inidata.id - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kalimantan Barat kembali bersinergi untuk Negeri. Mereka melakukan Gerakan Jumat Berkah (GJB) yang ke-33 berbagi makanan setiap minggunya kepada Masyarakat kurang mampu di Kota Pontianak, pada Jumat (6/12/2019).

Kegiatan GJB yang dilakukan GenBI Kalbar sudah berlansung sejak awal bulan Mei 2019 lalu, terus berlanjut hingga sekarang yang ke-33 kalinya. Dalam kegiatan tersebut GenBI Kalbar bekerja sama dengan donatur Berbagi Makanan Tiap Jumat (BMTJ), yang menjadi salah satu donatur.

GJB yang dilakukan GenBI Kalbar, ditujukan kepada orang-orang yang kurang mampu. Mereka yang bekerja dan ditemui di jalan, serta Panti Asuhan yang telah di tentukan. GJB yang ke-33 ini, GenBI Kalbar memusatkan pembagian makanannya di 5 lokasi. Pasar Tengah, Pasar Dahlia, Pasar Mawar, Pasar Jeruju, dan Panti Asuhan Ar-Ridho Siantan yang menjadi lokasi tujuan.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup GenBI Kalbar Muhammad Surya mengatakan, kegiatan ini  telah berlansung sejak awal Mei lalu, yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan umat Islam hingga sekarang, yang bekerja sama dengan Donatur.

“Kegiatan GJB ini udah berlansung sejak bulan Mei. Awal bulan Mei dimulainya dari bulan Ramadhan sampai terlaksa hingga sekarang. Jadi kegiatan ini GenBI Kalbar bekerja sama dengan donatur Berbagi Makanan Tiap Jumat (BMTJ), salah satu donator dari pihak luar," ujarnya.

Arya menjelaskan bahwa kegiatan GJB selain dari donatur BMTJ, mereka juga membuka Open Donasi setiap minggunya bagi Warga Pontianak yang ingin berbagi atau menyumbang.

"Jadi dalam melaksanakan kegiatan GJB ini, dari pihak BMTJnya mereka yang ngumpulkan donasi sekalian mereka yang memasak. Jadi tim GenBI disini yang packing dan membagikan makanan. Kemudian untuk dana, selain dari donatur, kita juga membuka open donasi setiap minggu bagi warga Pontianak dan sekitarnya yang ingin menyumbang itu dipersilahkan," ucapnya.

Anggota GenBI Kalbar lainnya Nurul Hidayati, yang ikut terlibat proses pengantaran makanannya menerangkan sangat senang melihat ekspresi mereka yang menerima makanan dengan senyum bahagia.

"Saya itu sangat senang luar biasa melihat mereka menerima makanan itu. Apalagi mereka bilang terimakasih. Itu senangnya luar biasa bisa berbagi sama mereka," ucapnya.

Nurul berharap tidak hanya GenBI yang bisa berbagi makanan di setiap Jumat, karena GenBI yang hanya beberapa titik sehingga tidak semuanya merata mendapatkan. Dia juga berharap dengan GJB yang diadakan GenBI semoga bisa menginspirasi komunitas lain untuk berbagi.

“Semoga GJB ini bisa dijadikan inspirasi komunitas lain. Sehingga yang mau memberi donasi bisa merata untuk berbagi. Karena kitakan hanya beberapa titik. Jadi hanya mereka yang beruntung yang dapat," kata Nurul. (Teks dan foto: Sapto Nur Cahyo)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter