Gerhana Matahari Cincin bisa Dilihat Penuh di Dataran Engku Putri Batam

inidata.id - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) merupakan salah satu  dari 25 kota yang terdiri dari 7 wilayah di Indonesia yang mendapatkan peristiwa gerhana Gerhana Matahari  cincin  Penuh.

Momen ini tentu tidak akan disiasiakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi kepri untuk menggaet wisatawan asing Singapura  yang datang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar di Batam mengatakan ada beberapa titik strategis di tiga daerah di Provinsi Kepri itu untuk bisa  melihat gerhana Matahari cincin secara full.

"Untuk di Singapura kemunginan gerhana Matahari tidak penuh di pastikan wismanya pada ke  Batam," kata Buralimar.

Kota Batam sendiri, Gerhana Matahari Cincin bisa disaksikan oleh masyarakat di Dataran Engku Putri, Batam Center. Pemerintah setempat mengharapkan fenomena ini dapat memberi dampak yang positif terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

“Walau fenomena ini hanya 3 menit, kita berharap kunjungan wisatawan juga dapat meningkat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar .

Untuk Pemerintah Kota (Pemko) Batam sebut Kadis Pariwisata,  juga sudah memberikan izin bagi asosiasi kepariwisataan untuk membuat iven  pada momen tersebut.“Kadis Pariwisata Batam sudah memberi izin,”.

Penggiat pariwisata Batam Barelang eclipse  menyebutkan sudah mendapat restu  akan menggelar even pengamatan Gerhana Cincin yang akan terjadi pada 26 Desember 2019.

Ketua panitia  Barelang eclips Anda Cang mengatakan ada beberapa rangkaian untuk menyambut gerhana matahari Cincin di Batam.

Antara lain menyediakan untuk kegiatan pengamatan di Pulau Galang  pada saat terjadinya Gerhana Matahari.  " Kegiatan ini khusus untuk pengamat yang ingin mengamati proses selama Gerhana Matahari dengan membawa  peralatan teleskop sendiri," kata Anda.

Peserta pengamat Gerhana Matahari berangkat dari Batam menuju pulau Galang  pada
tanggal 25 Desember 2019. Mengapa panitia memilih Pulau Galang  karena pengamatan Gerhana matahari paling lama terjadinya di daerah Rempang.

Ada  Bazaar Expo

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 24-26 Desember 2019 di Dataran Engku Putri Batam Center sebagi upaya upaya  menyambut Wisman yang akan menyaksikan Gerhana Cincin Di Batam.

 "Pada kesempatan ini masyarakat Batam dan sekitarnya dapat  dapat menyaksikan bersama dan dapat menjajakan  jualanya  berbagai macam kuliner maupun memperkenalkan ke masyarakat berbagai macam produk pelaku industri kreatif," kata Anda  ketua Panitia Barelang Eclips.

Pada lokasi yang sama di tanggal 26 Desember 2019 akan dilangsungkan juga kegiatan Pemecahan rekor Muri Dalam Pengamatan Gerhana Matahari dengan Alat Gerhana Matahari, dapat dalam bentuk kacamata gerhana, kipas gerhana maupun teleskop dengan filter khusus.

"Untuk kaca mata gerhana sudah di siapkan 15 ribu, bagi masyarakat yang mau ngamati gerhana matahari cincin nanti," kata Dia.

Pada pengamatan Gerhana Matahari akan di pandu langsung oleh Team Official. "Untuk saudara - saudara kami yang beragama Islam juga dapat melaksanakan Salat Gerhana Matahari di Masjid  Raya Batam Center,".(*)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter