Ini Rekomendasi untuk KPI pada Sarasehan Nasional Kebangsaan, Apa Saja?

inidata.id - Sarasehan Nasional Kebangsaan digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) kolaborasi dengan Ikatan Alumni (IA) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Kegiatan itu pun mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Di antaranya, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Kalimantan Barat menjalin kerjasama dengan panitia mengadakan  workshop cek fakta dalam agenda nasional. Cek fakta diselenggarakan selama dua hari; 8 Desember 2019 menghadirkan Tim IT Google dari Jakarta khusus untuk peserta Jurnalis dan Dosen IAIN Pontianak. Kemudian lanjut pada 9 Desember yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang diisi trainer cek fakta, Rendra Oxtora.

Ketua panitia kegiatan, Muhammad Habibi, yang juga ikut serta sebagai peserta cek kakta khusus jurnalis dan dosen mengaku beruntung bisa mengikutinya. Selain dapat ilmu dan alat baru dalam mengecek fakta, dia juga merasa senang bisa memperoleh informasi dan mengecek fakta dalam dunia Maya.

"Selain dapat ilmu dan tools baru dalam mengecek fakta, saya memperoleh informasi penting mengenai bagaimana agar aman di dunia maya," ucapnya.

Dia bilang, tidak sebentar untuk menguasai materi cek fakta. Butuh tahapan lanjutan untuk bisa menguasai materinya.

 "Karena banyak materinya, perlu ada follow up ke depannya untuk lebih menguasai materi-materi yang luar biasa ini," kata dia.

Ketua AMSI Kalbar Kundori mengajak, mahasiswa untuk membantu memberi literasi kepada masyarakat agar bisa menangkal berita hoaks atau bohong. Mengingat pentingnya cek fakta dalam dunia siber maupun media sosial bagi masyarakat.

"Mahasiswa harus bisa mendeteksi dan verifikasi sebuah berita yang selama ini marak di media sosial. Apalagi itu berita hoaks, jadi caranya dengan cek fakta," katanya.

Mantan aktivis pers mahasiswa itu berharap kepada panitia agar bisa mengusulkan cek fakta kepada Prodi KPI untuk menjadi sebuah program mata kuliah di KPI. Ini mengingat pentingnya cek fakta dan sesuai dengan bidang Prodi KPI.

"Informasi dari teman-teman media yang memberikan materi cek fakta di kampus-kampus luar Kalbar, bahwa cek fakta ini sudah menjadi mata kuliah di Prodi Komunikasi atau Jurnalis. Mungkin panitia bisa rekomendasikan kepada Prodi agar ini bisa menjadi mata kuliah untuk program kerja lembaga. Karena di era digital ini akan menjadi hal yang luar biasa," kata CEO/Founder Suara Media Network itu. (teks dan foto: Sapto Nur Cahyo)
.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter