Melepas Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang kembali ke Pasundan

inidata.id - Pagi itu, Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad bertindak selaku Inspektur Upacara. Ini adalah Upacara Pelepasan Satgas Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang. Mereka usai Purna Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI - Malaysia. Kegiatan ini berlangsung di lapangan Perkasa Kodam XII/Tanjungpura.

Setelah upacara, dilaksanakan pemberian piagam penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad kepada Danyonif Raider 301/Prabu Kian Santang yang telah selesai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI - Malaysia. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Pangdam XII/Tpr yang diikuti oleh pejabat Kodam kepada pejabat Danpos Keatas.

"Terima kasih atas dedikasi Satgas Pamtas Yonif R 301/Prabu Kian Santang yang telah melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan selama 9 bulan dengan predikat baik sekali," tutur Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad. 
Pria kelahiran Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, 25 November 1965 itu, berkata selama bertugas Satgas Pamtas Yonif R 301/Prabu Kian Santang mencegah adanya ilegal loging, peredaran narkoba dan mencegah adanya tindakan - tindakan penyelundupan di wilayah perbatasan. 

Lalu kemudian dalam hal pelaksanakan pembinaan teritorial mereka juga berhasil melaksanakan pembinaan bela negara, semangat kebangsaan, kemudian mereka juga melaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa pelayanan kesehatan, sunatan massal  juga dilibatkan dalam pelaksanaan program KB kesehatan,

"Tentunya ini sangat membanggakan dan dari beberapa laporan di sekitar pos, masyarakat sangat terbantu dengan kehadiran pasukan ini. Oleh karena itu dengan adanya rotasi perputaran pasukan, kita juga berharap satuan baru yang mengganti akan lebih baik lagi," ucap Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad.

Jenderal bintang dua itu, menyampaikan, prestasi yang didapat selama bertugas, diantaranya pengawasan terhadap patok - patok perbatasan di semua patok sebanyak kurang lebih 2.800 patok berhasil di amankan, juga dicek sehingga kondisi patok tersebut dapat diketahui dengan pasti. Kemudian jumlah - jumlah yang lainnya seperti bagaimana dia bisa menghambat, menemukan atau mencegah illegal.

"Kepada para unsur pimpinan, sebelum Serpas meninggalkan wilayah Kodam XII/Tpr, agar melaksanakan pengecekan terhadap personel maupun materiil terutama senjata dan Muhandak, sehingga nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jaga faktor keamanan selama di perjalanan, selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, sampaikan salam hormat saya kepada keluarga yang telah menunggu kalian di Home Base," ujar pria asal tanah Pasundan itu.
Danyonif Raider 301/Prabu Kian Santang Letnan Kolonel Infanteri Andi Hasbullah menyampaikan, selama bertugas 9 bulan banyak hal baru didapat, khususnya prajurit.

"Di mana kondisi medan di wilayah pelosok perbatasan sangat menantang. Kemudian kondisi masyarakat, infrastruktur maupun fasilitas kesehatan dan pendidikan masih sangat kurang. Selama bertugas kami melaksanakan tugas - tugas pengamanan perbatasan dan pengecekan patok perbatasan serta mencegah kegiatan illegal," tutur Danyonif Raider 301/Prabu Kian Santang Letnan Kolonel Infanteri Andi Hasbullah.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter