Taktik Brigadir Erwin Membuat Pupuk Organik Bersama Petani di Tengah Pulau

inidata.id - Pembuatan pupuk organik yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Maya Brigadir Polisi Erwin bersama kelompok tani setia karya budidaya yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil panen, meminimalisir pengunaan pupuk kimia dan penekanan biaya dalam bertani.

Brigadir Polisi Erwin mengatakan, pupuk organik buatan tersebut sudah menghasilkan buah cabai dan buah jeruk sambal dalam satu pohon lumayan banyak.

"Setelah diberikan pupuk organik yang kami buat, dalam satu pohon cabai dapat menghasilkan 3 sampai 5 ons buah cabai," kata Brigadir Polisi Erwindi kebun cabai milik kelompok Tani Setia Karya budidaya Desa Tanjung Satai, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat,  Selasa (3/12/2019).

Ia menjelaskan, bahwa bahan-bahan untuk pembuatan pupuk organik ini memanfaatkan bahan-bahan lokal yang murah dan mudah didapat.

"Bahan-bahan yang saya gunakan untuk pembuatan pupuk organik ini, kotoran kambing, sekam padi, dicampur pupuk cair buatan yang diracik sendiri dari air gedebok pisang, gula merah (gula aren), ragi, terasi yang difermentasi selama 1 minggu," kata Brigadir Polisi Erwin.

Dia bilang, dengan bekerja keras dan saling bergotongroyong antara petani dan seluruh pihak terkait dapat membangun sektor pertanian yang tak hanya berkualitas, tetapi juga berkelanjutan.

"Kami harus bekerja keras dan kami juga perlu dukungan dari pihak-pihak terkait untuk mewujudkan pertanian yang berkualitas dan berkelanjutan,"ucap Brigadir Polisi Erwin.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter