Warga Gunungkidul Tangkap Ular Piton

inidata.id - Tak hanya puluhan anak ular kobra yang ditangkap oleh warga di bantu komunitas pecinta satwa di Gunungkidul namun warga juga menangkap ular piton atau yang akrab disebut ular sanca kembang. ‎

Bahkan dalam kurun waktu satu bulan terakhir ini warga di Dusun Ngangkruk, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar menangkap tak kurang 5 ekor ular sanca. Ular yang ditangkap tak bunuh namun dilepasliarkan di hutan yang jauh dari pemukiman.

Ular kelima atau yang terakhir ditangkap warga 3 hari yang lalu diduga akan memangsa ternak milik salah satu warga di Dusun Ngangkruk. Salah satu warga  Muhammad Dono (32) bercerita pada Minggu dini hari (15/12) mendengar suara gaduh dilokasi kandang ayam milik Kardi yang tak lain tetangga dekatnya.

Menggunakan senter Dono mengaku mengecek kandang yang ayamnya tampak gaduh namun tidak ada sesuatu yang mencurigakan. Namun saat akan pulang ke rumah justru melihat ada ular yang melilit ayam untuk dimakan.

"Saya panggil temen dan berhasil menangkap ular tersebut yang ukurannya cukup panjang hampir di atas 2 meter," ujarnya.

Dono mengaku tak takut untuk menangkap semua jenis ular karena punya trik sendiri untuk menaklukkan ular mesti bobot ular diatas 7 kilogram dan panjang lebih dari 2 meter.

"Menangkapnya tidak bisa sendiri dan harus ajak teman. Yang ditangkap pertama adalah bagian ekor karena ular piton biasanya melilit," ucapnya.

Sementara salah satu anggota Komunitas Reptil Gunungkidul, Novianto mengatakan sejak November 2019 yang lalu warga di Desa Pilangrejo menangkap ular piton tak kurang dari 5 ekor dan ukurannya lumayan besar.

"Ketika tertangkap ular dilepas liarkan ke daerah yang jauh dari pemukiman dan dipastikan merupakan habitat dari ular serta untuk menjaga keseimbangan ekosistem," kata dia.

Masuknya ular ke pemukiman penduduk diduga kuat karena ekosistem di sekitar pemukiman warga masih tersedia banyak makanan sementara dihabitat aslinya makanan susah untuk didapat.

"Jadi sebaiknya kalau menemui ular apapun jenisnya apalagi berbisa sebaiknya memanggil orang yang memang ahlinya menangani ular," ucapnya.‎ (Rony)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter