Waspada, Cuaca Ekstrim Masuknya Angin Utara

inidata.id - Angin Utara atau musim Utara merupakan musim ekstrim yang setiap tahunnya melanda bagi kalangan masyarakat pesisir khusus di perairan Kepulauan Riau.

Di mana angin Musim Utara yang datang dari Laut Natuna Utara atau laut Cina selatan di tambah  perpaduan angin  Selat malaka dengan  selat Singapura membuat perairan belakang Padang arusnya sangat kuat.

Cuaca ekstrim  masuknya angin Utara  berdampak masyarakat pesisir menjadi kawatir khususnya nelayan lebih memilih tidak melaut .

"Akhir - akhir ini sudah ada beberapa kejadian yang sebabkan kecelakaan di laut," kata  Kapolresta Barelang AKBP  Prasetyio  Rahmat Purboyo usai pembagian Life Jacket di Pulau Belakang Padang, pada Selasa (3/12/2019).
Ia menyebutkan mobilisasi masyarakat Pulau belakang Padang ke Batam atau sebaliknya sangat Padat, dimana jalur yang lalui harus melintasi alur laut yang dalam serta angin kecang diiringi  gelombang yang besar yang terjadi saat ini dengan masuknya  musim Utara yang terjadi akhir November hingga 6 bulan kedepan.

"Pembagian Life Jacket kepada masyarakat pesisir sebagai upaya kepolisian bersama intansi lain dapat meminimalisir pencegahan kecelakaan laut," kata  Prasetyo.

Selain kepolisian, TNI,Pertamina Sambu dan BAZNAS   ada intansi lain juga turut memberikan partisipasi atas keamanan masyarakat pesisir dalam menghadapi  musim angin  Utara ini

Ia berharap masyarakat  pesisir juga selalu Waspada dan   tidak mengandalkan pengaman  life Jacket saja  dalam melaut

Sementara itu Camat Belakang Padang Yudi Admajianto mengatakan wilayah  Belakang Padang dan Batam merupakan wilayah yang terdiri dari gugusan Pulau.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter