Albasia Sebagai Destinasi Wisata di Kubu Raya

inidata.id - Kehadiran Hutan Albasia perlahan mengubah wajah Desa Kuala, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang kini mulai ramai dihampiri oleh pelancong domestik. 

Sebelumnya, perhutanan ini hampir tanpa gaung. Hutan yang dulunya hanya di gunakan untuk bermain warga desa setempat kini disulap menjadi tempat pariwisata yang tentunya menarik untuk dikunjungi.

Hutan Albasia merupakan hasil kreasi dan inovasi pada pemuda di Desa Kuala Dua. Terciptanya Wisata Hutan Albasia ini bermula dari keinginan warga dan pemuda di Desa untuk menjadikan hutan tersebut sebagai tempat tongkrongan dan bersantai.

Selain itu, keberadaan Hutan Albasia yang berlokasi di Dusun Karya Satu Desa Kuala ini juga wadah sebagian komunitas untuk dijadikan tempat rekreasi dan perkemahan.

Tepat pada Sabtu 18 Januari 2020, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan  meresmikan Hutan Albasia sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Kuala Dua. Hutan wisata ini mendapat respon positif dari Bupati Kubu Raya.

Bupati Muda  bersyukur, warga Desa Kuala Dua saat ini sudah menunjukkan pola pikir yang maju dengan menjadikan hutan yang dulunya di penuhi semak belukar kini menjadi tempat wisata yang diminati masyarakat luar.

“Tentunya hal ini tidak lepas dari peran pemuda dan warga sekitar dengan berbagai kreatifitas dan inovasi yang diciptakan sehingga hutan wisata ini dapat menjadi ikon Desa Kuala Dua tentunya,” kata Bupati Muda. 

Dia bilang, kekompakan anak muda di desa ini mampu memunculkan ide yang alamiah. dan berinisiatif memberikan warna untuk mengubah suatu tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata.

Pada kesempatan itu, Bupati Muda mengajak semua warga Desa Kuala Dua menyatukan tekat bersama bahwa Hutan Albasia ini perlu di gelorakan menjadi suatu Destinasi Wisata yang terkenal di Kubu Raya.

Sementara itu, saat ini Pemerintah Kubu Raya telah menginisiasi Kubu Raya Traveler-Tourism Vlog (KRTV) dan Bupati Muda menginginkan untuk mengajak semua anak-anak muda mendalami, mengenali dan juga sekaligus mempromosikan serta menjelajah destinasi wisata yang ada di daerah Kubu Raya.

“Melalui KRTV ini, kita ajak para masyarakat terutama pemuda untuk bersama-sama mengenalkan destinasi wisata atau daerah yang memiliki potensi wisata untuk dikenalkan ke dunia luar. Karena wisata di Kubu Raya ini cukup banyak dan luas, serta memiliki nilai edukasi dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan. Melalui KRTV ini mudah-mudahan memberi peluang bagi promosi Wisata Hutan Albasia dari Kubu Raya untuk Indonesia,” kata Bupati Muda lewat keterangan resminya.

Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengapresiasi PT Alas Kusuma yang telah memberikan ruang serta kebebasan kepada pihaknya untuk dapat berkreasi di Hutan Albasia, sehingga langkah ini akan menjadikan Desa Kuala Dua lebih baik lagi.

“Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak, baik itu komunitas pecinta alam dari kaum anak-anak, remaja dan orang tua. Hadirnya Hutan Wisata ini untuk dapat kita jaga bersama agar senantiasa aman, kondusif, tentram dan sejahtera dan penuh dengan suasana kekeluargaan,” kata Kepala Desa Kuala Dua, Abbas.

Abbas berharap dengan semangat membangun, masyarakat Desa Kuala Dua dapat bersinergi untuk menjadikan destinasi wisata ini  dikenal oleh dunia luar.

“Saya harap, ke depan kita semua tetap bersinergi untuk bersama-sama memajukan Desa Kuala Dua agar lebih baik lagi. Sehingga menjadi magnet bagi warga Kalbar dan bahkan bagi wisatawan asing,” katanya. (*)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter