loading...
loading...

Benda Peninggalan Temenggung Abdul Jamal Akan Jadi Koleksi Museum Batam

inidata.id - Disbudpar Batam- Pemerintah Kota Batam berencana menjadikan benda-benda peninggalan pahlawan asal daerah Bulang, Temenggung Abdul Jamal, sebagai salah satu koleksi museum Batam Raja Ali Haji.

Tujuannya adalah menjaga benda pusaka sekaligus dapat dipamerkan kepada publik dan wisatawan baik domestik dan mancanegara yang berkunjung ke museum tersebut.

Rencana ini disampaikan Walikota Batam, Haji Muhammad Rudi saat melihat benda pusaka milik Temenggung Abdul Jamal di rumah ahli waris Temenggung Abdul Jamal  setelah mengunjungi makamnya di kecamatan Bulang. Beberapa benda pusaka yang masih ada sampai saat ini seperti keris, pedang, tombak, tongkat dan barang lainnya.

"Melihat benda-benda peninggalan dan peralatan yang digunakan Temenggung Abdul Jamal waktu dulu," katanya.

Rudi berharap pewaris Temanggung Abdul Jamal bersedia menyerahkan  benda dan peralatan bersejarah tersebut kepada pemerintah.

“Saat ini belum (diserahkan) mudah-mudahan sewaktu-waktu nanti tergerak hatinya sehingga bisa menjadi cagar budaya," kata dia.

Dengan diletakkannya barang - barang peninggalan tersebut di museum Batam, akan dapat diketahui oleh masyarakat luas baik masyarakat Kota Batam maupun wisatawan baik domestik dan mancanegara.

“Kalau ini tidak diletakkan ke museum orang tidak akan tahu kecuali anak cucunya," ucapnya.

Dia bilang, jika ini dijadikan sebagai koleksi museum akan dapat mengiring wisatawan datang ke Bulang untuk mengetahui tentang Temenggung Abdul Jamal.

“Kalau dititipkan di museum, ini akan membantu masyarakat Bulang Lintang sendiri. Orang yang melihat benda-benda peninggalan ini di museum akan tanya dimana fisiknya dan akan ditunjuk ada makamnya disini. Hasilnya akan dapat membantu kehidupan masyarakat sendiri. Masyarakat bisa bangkit karena ada kunjungan wisman," kata dia.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter