loading...
loading...

Cerita Antrean Truk Sampah di TPST Piyungan Berjam-jam


inidata.id - Antrean truk pengangkut sampah di TPST Piyungan bahkan untuk menunggu antrian hingga lebih dari 5 jam berdampak semakin menumpuk sampah pada tempat penampungan sementara.

Seperti sampah pengunjung wisata di Pantai Parangtritis dari malam tahun baru hingga tahun baru sampai saat ini masih menggunung di tempat penampungan sementara dan diperkirakan mencapai 50 an ton sampah.

Koordinator Unit Pengelola Kegiatan (UPT) Pantai Parangtritis, Suranto mengatakan sejak pengumpulan sampah wisatawan mulai libur tahun baru hingga saat ini jumlah mencapai sekitar 50 ton ditempat penampungan sementara dan dimungkinkan terus menggunung karena kesulitan untuk membuang sampah ke TPST Piyungan.

"Kita hanya bisa membuang satu kali atau maksimal dua kali sampah ke TPST Piyungan karena antrean satu truk bisa mencapai 5 jam," kata dia.

Dengan jumlah sampah yang mencapai 50 ton tersebut idealnya dalam sehari bisa dikurangi sebanyak 10 ton atau dua kali kirim dengan truk dengan hitungan satu truk bisa membawa sampah mencapai 5 ton.

"Tapi kalau kondisi saat ini tidak memungkinkan kita kirim sehari 2 truk karena antrian sangat panjang dan lama sekali," kata dia.

Di TPST Piyungan saat ini hanya satu dermaga yang berfungsi untuk pembuangan sampah karena dermaga satunya sampah mengalami longsor dan belum ada pembenahan lagi.

"Kalau satu dermaga dengan truk dam sebenarnya cepat membuang sampahnya namun jika bukan truk dam sangat lama karena harus menunggu sampah dibuang dari bak truk secara manual," kata dia.

Suranto membantah bahwa sampah yang berada di tempat penampungan sementara sudah mulai berbau menyengat dan mengeluarkan belatung karena sampah yang ditangani bukan sampah rumah tangga namun sampah pengunjung atau wisatawan pantai.

"Sampah yang bau dan ada belatungnya adalah sampah yang dikelola DLH Bantul, kalau kita sampah yang dikelola dari sampah wisatawan sehingga tidak lekas mengeluarkan bau apalagi keluar belatungnya," katanya.

"Tempat penampungan sementara sampah yang dikelola DLH ada di utara Gardu Pandang Pantai Parangkusumo, kalau sampah yang saya tangani tempat penampungan sementara di kawasan pantai Parangtritis," katanya. (Rony)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter