loading...
loading...

Fenomena Sinkhole Terjadi di Gunungkidul

inidata.id - Fenome sinkhole di Kabupaten Gunungkidul tak hanya terjadi di Dusun Karangawen, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo namun juga terjadi di Dusun Tlaseh, Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo.

Kepala Dusun Tlaseh, Tariyo menjelaskan fenomena sinkhole atau tanah ambles terpada pada Minggu malam (5/1/2020) dan baru dilaporkan ke Polsek Girisubo pada Senin (6/1/2020).

"Lokasi tepatnya tanah ambles di tegalan Balong, Dusun Tlaseh, Desa Karangawen. Pada Senin pagi  saya mendapatkan laporan dari warga dan siangnya saya lapor ke Babinkamtibmas kemudian di pasang garis polisi," kata dia.

Sinkhole yang terjadi diwilayahnya terbilang cukup besar karena diameter lingkaran mencapai 4 meter dan kedalaman mencapai 5 hingga 6 meter.

"Tadi malam hujan lebat dan mungkin tanah amblas akan bertambah lebar diameternya karena sebelum disekitar tanah amblas sudah terlihat retakan tanah," katanya.

Sinkhole yang terjadi di Dusun Tlaseh bukan pertamakalinya karena pada tahun 2017 ada 2 kejadian sinkhole namun diameter lebarnya hanya 1 meter.

"Jadi dilokasi sinkhole yang terjadi tahun 2020 ini berdekatan dengan luweng atau gua kecil yang berjarak sekitar 250 meter," kata dia.

Babinkamtibmas Polsek Girisubo, Bripka Eko Prasetyo menjelaskan sejak tahun 2017 hingga saat ini sudah ada 7 kejadin sinkhole. Pada tahun 2017 terjadi 5 sinkhole dengan diameter yang berbeda-beda termasuk kedalamannya juga berbeda-beda.

"Sinkhole tahun 2017 ada yang diameternya mencapai 5 meter dan kedalamannya ada yang lebih dari 10 meter," katanya. (Rony)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter