Maraknya Virus Corona, 6 WNA China Diamankan di NTT

inidata.id - Masih hangatnya pemberitaan tentang Virus Corona, 6 imigran Warga Negara Asing (WNA) dari Negara China diamankan oleh Anggota Pos Angkatan Laut (Posal) Papela dan Anggota Pol Airud di peraiaran Papela Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Selasa (28/1/2020).

Peristiwa itu berawal dari pertemuan singkat di Royal Hotel Kupang Pada Senin, 20 Januari 2020 antara Aba panggilan akrab Akem, dan Mardan dengan Ahmad Nur Said. Dalam pertemuan singkat itu Ahmad Nur Said menawarkan kepada Aba dan Mardan untuk membawa 6 orang Imigran WNA asal China. Dengan kontrak dijanjikan 1 bulan Rp10 juta untuk dua orang, dibekali uang Rp2,5 juta yang sudah disiapkan seluruhnya oleh Ahmad Nur  Said tanpa berpikir panjang dengan senang hati Aba dan  Mardan menerima tawaran tersebut.

Keesokan harinya, Selasa 21 Januari 2020  sekitar pukul 01.00 WITA ,Aba dan Madan berangkat melalui pelabuhan pasar Oeba Kupang dengan menggunakan perahu jenis tangkap ikan dengan nama KMP Indah dengan dibekali solar 30 jerigen kapasitas satu jerigen 35 liter yang sudah disiapkan oleh Ahmad Nur Said menuju koordinat yang sudah diberikan oleh Ahmad Nur dengan mengangkut enam warga Imigran dari China antara lain Fan Shenghong (Jiangsu/China), Cui Henggo (Jiangsu/China), Hang Yongsheng (Jiangsu/China), Wang Sisen (jiangsu/China), Han Baolin (Jiangsu/China), Chu Kaishan (Jiangsu/China).

Perjalanan dari Kupang menuju Australi ditempuh dalam waktu tiga malam. Pada saat malam hari di perairan Australi mereka ditangkap oleh Cost Guard Australi dan dilaksanakan proses pemeriksaan oleh Cost Guard Australia di laut selama dua malam.

Kemudian KMP Indah disita beserta telephone genggam Aba dan Madan. Akirnya Aba dan Madan beserta 6 imigran kembali ke Indonesia dengan mengganti KMP Indah dengan kapal dari Australia hanya dibekali dua jerigen solar.

Pada Selasa, 28 Januari 2018 saat perjalan kembali ke perairan Indonesia tepat di belakang tambak garam FaiFua Kecamatan Rote Timur  mereka kehabisan solar dan akirnya menambatkan jangkarnya.

Pada saat patrol gabungan anggota Posal Papela dan anggota Pol Airud menemukan kapal kayu yang ditumpangi enam orang Imigran WNA asal China yang lego jangkar. Lalu kemudian dilaksanakan pemeriksaan dan pengecekan terhadap Imigran WNA asal China untuk pendalaman pemeriksaan mereka dibawa dan diamankan ke Posal Papela.

Sesampainya di Posal Papela mereka juga dicek oleh petugas kesehatan adanya kemungkinan ke enam orang Imigran WNA asal China itu terjangkit Virus Corona. Akan tetetapi hasilnya negatif dari Virus Corona.

Dari hasil koordinasi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Letnan Kolonel Laut (P) Akhmad Alif, dengan Kapolres Rote Ndao saat ini ke dua orang WNI  dan ke enam orang WNA asal China diserahkan ke Polres Rote Ndao untuk diproses lebih lanjut ke pihak imigrasi kelas 1 Kupang, Nuasa Tenggra Timur.  (Dispen Lantamal VII).


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter