Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

MIN Sanggau Ajarkan Murid Wirausaha Sejak Dini

inidata.id - Demi menanamkan jiwa berwirausaha (enterpreneurship) sejak dini di kalangan peserta didik, MIN Sanggau mengadakan semacam even yang disebut Market Day. Market Day sendiri adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan sekolah.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Madrasah MIN Sanggau, Sri Novianti, dalam sambutannya membuka event Market Day, Jumat, 14 Februari 2020 di halaman sekolah.

Sri menyambut baik kegiatan ini dan ke depan akan diagendakan lebih baik lagi dan melibatkan orangtua siswa dalam pelaksanaan nantinya. Dari pantauan di lapangan, siswa terlihat antusias melakukan transaksi jual beli produk yang ditawarkan. Produk yang ditawarkan terbatas pada kue jajanan sehari-hari, seperti bakwan, pisang goreng,tahu goreng isi, aneka jajanan pasar lainnya, aneka minuman dan lain-lain.

 “Kegiatan ini sebenarnya adalah aktualisasi dari proses pembelajaran di kelas, dimana siswa dapat dengan percaya diri untuk menawarkan produk yang dibuatnya, selain itu di kegiatan ini siswa belajar berbagi kepada sesama lewat Sedekah Kue yang merupakan bagian dari even ini," kata Sri dalam pesan digitalnya.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Dirly siswi kelas 6A mengaku senang dengan kegiatan ini. Dia bilang, selain mendapatkan pengalaman baru yaitu menjual kuenya, ternyata ada tantangan tersendiri yaitu bagaimana kue yang dijualnya bisa laku.

“Awalnya malu-malu jualan, lama-lama percaya diri dan senang juga melihat teman-teman yang ramai berkunjung ke stand saya," kata Dirly.

Kegiatan market day yang dilaksanakan oleh siswa disadari ataupun tidak mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan. Selain itu, kegiatan market day siswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melakukan kegiatan ekonomi yang produktif. Melalui kegiatan tersebut, setiap siswa benar-benar memperlihatkan hasil kerja keras dan kerja cerdas mereka.

Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menumbuhkan fighting spirit dan daya saing siswa dalam berwirausaha di era globalisasi dengan penguasaan keterampilan kewirausahaan sejak dini. (*)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter