Ads 720 x 90

Fiksioner Free Blogger Theme Download

Penanggulangan Karhutla dengan Cara Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

inidata.id - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kayong Utara.

Jenderal bintang dua itu tiba di Kabupaten Kayong Utara dengan menggunakan helikopter dan mendarat di Pantai Pulau Datok, pelataran Sail Selat Karimata. Kedatangan Kapolda langsung disambut  Kapolres Kayong Utara AKBP Asep Irpan Rosadi, Bupati Kayong Utara Citra Duani, Wakapolres Kayong Utara Kompol Haryanto, Pabung Dandim 1203 Ketapang Mayor Infanteri Budi S. para Kapolsek jajaran dan tokoh lintas agama Kabupaten Kayong Utara.

Kunjungan Kapolda Kalbar ke Kabupaten Kayong Utara didampingi Karoops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, dan Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Carles Go.

Kapolres Kayong Utara AKBP Asep Irpan Rosadi memaparkan, dalam perbincangan Kapolda bersama Forkopimda, para tokoh lintas agama dan para tokoh adat Kayong Utara, Kapolda sempat menyinggung upaya penanggulangan Karhutla di Kayong Utara. Dan Kapolda mendorong pihak Polres untuk menjaga keasrian alam dan mencegah Karhutla.

"Untuk itu, Polres telah melakukan upaya dalam penanggulangan Karhutla dengan cara pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB) yang terletak di Dusun Senebing, Sukadana, dan kami juga memperlihatkan lahan percontohan tersebut kepada Kapolda," kata Kapolres Kayong Utara AKBP Asep Irpan Rosadi.

Dia bilang, Kapolda sangat mendukung hal itu dan berharap dapat menjadi pintu gerbang dalam mengubah mindset masyarakat.

"Kata beliau (Kapolda), apakah betul harus dibakar baru subur di lahan? Kan belum tentu," katanya .

Kapolda juga berharap PLTB dapat membantu mengubah mindset masyarakat supaya tidak membakar lahan lagi. Dengan membakar di sebuah tempat di tong, hasil dari pembakaran menjadi cairan dan cairan tersebut dapat dijadikan pupuk, akan lebih bisa dimanfaatkan untuk lahannya.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter