AJI Pontianak Salurkan Masker dan Hand Sanitizer untuk Jurnalis

inidata.id - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak menyalurkan masker dan hand sanitizer untuk para anggotanya, Kamis (17/4/2020). Alat pelindung diri dalam mencari berita itu merupakan bantuan dari AJI Indonesia yang disebar ke masing-masing AJI kota.

Ketua AJI Pontianak, Ramses Tobing menjelaskan bantuan tersebut akan didistribusikan menyeluruh ke semua anggota yang tersebar di Kalimantan Barat. Penyebarannya pun dipermudah dengan sistem pengantaran langsung ke lokasi anggota AJI. Dengan demikian, tidak ada kerumunan di satu titik distribusi.

"Untuk kawan-kawan di daerah akan kami sebar dengan layanan kurir," katanya.

Masker dan hand sanitizer tersebut memang jadi kebutuhan para jurnalis yang harus turun lapangan untuk mengabarkan informasi terkini kepada masyarakat. Termasuk memberikan perkembangan dan edukasi terkait Covid-19 di daerah. Apalagi, tidak semua perusahaan pers menyediakan pelindung diri tersebut untuk jurnalis mereka. AJI Pontianak pun mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan AJI Indonesia.

"Belum lagi kawan-kawan yang statusnya kontributor, bantuan masker dan hand sanitizer ini sedikit banyak akan membantu gerak kami di lapangan," kata dia disitat dalam keterangan resminya.

Dalam hal ini AJI Pontianak pun mengimbau perusahaan pers untuk memberikan perlindungan kepada para jurnalis yang masih bertugas di lapangan. Termasuk memastikan hak-hak jurnalis tidak dikebiri dengan alasan ekonomi apa pun.

"Namun demikian kami akan tetap mengupayakan agar kerja-kerja jurnalistik kawan-kawan di lapangan dihargai sesuai dan tidak ikut terdampak pandemi ini," katanya.

AJI Pontianak pun terus mengingat jurnalis mengedepankan protokol keamanan peliputan dan pemberitaan Covid-19. Pasalnya, tak ada berita seharga nyawa. Prosedur yang sudah dirancang AJI Indonesia dengan sejumlah pakar itu harus dijalankan demi keamanan bersama.

"Satu hal yang penting, kawan-kawan juga harus mematuhi protokol keamanan peliputan dan pemberitaan Covid-19 untuk kepentingan kita semua," katanya. (*)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter