loading...
loading...

Ini Rincian APD Bantuan Kemenkes di Kalbar


inidata.id - Kodam XII/Tanjungpura kembali menyerahkan Alat Material Kesehatan (Almatkes)  berupa Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Kementerian Kesehatan RI untuk penanganan wabah Covid-19 di wilayah Kodam XII/Tpr. APD diserahkan oleh Kodam XII/Tpr kepada
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat.

Gugus Tugas di Kalimantan Barat, menerima sebanyak 4000 (80 koli) APD dari Kemenkes RI. Yang diserahkan oleh Asisten Logistik Kasdam XII/Tanjungpura, Kolonel Kav Josafath M. Robert Duka, S.I.P., kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., di Posko Penanganan Covid-19 Provinsi Kalbar, Jalan D.A. Hadi No.7, Akcaya, Kota Pontianak.

Sedangkan Gugus Tugas di Kalimantan Tengah menerima bantuan APD sebanyak 5600 EA (112 koli) diserahkan oleh Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudariyanto kepada Ketua Harian Gugus Tugas Prov. Kalteng, Darliansyah di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalteng.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menjelaskan, bantuan APD untuk di Kalbar, sebelumnya tiba di Bandara Lanud Supadio pukul 12.16 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis Herkules tipe C-130 Noreg A-1333. Selanjutnya pada pukul 12.49 WIB diangkut ke Posko Gugus Tugas Prov. Kalbar dengan menggunakan 2 kendaraan dinas Kodam XII/Tpr untuk dilakukan serah terima dengan Kadinkes Kalbar.

"Sebelumnya juga telah dilakukan serah terima bantuan dari Kepala Gudang Persediaan Pangkalan Lanud Supadio, Letkol Kal Hirwansyah, S.E, kepada Aslog Kasdam XII/Tpr," ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk Gugus Tugas Prov. Kalteng bantuan tiba di Bandara Tjilik Riwut pukul 14.15 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU jenis Hercules C-130. Setelah dilakukan serah terima secara simbolis dari Pilot pesawat, Mayor Pnb Andang Rohiman kepada Danrem 102/Pjg, selanjutnya dilakukan serah terima dari Danrem 102/Pjg kepada Ketua Harian Gugus Tugas Prov. Kalteng.

"Selanjutnya pada pukul 14.40 WIB APD bantuan dari Kemenkes RI diangkut menuju kantor Dinkes Prov. Kalteng dengan menggunakan 2 unit kendaraan milik TNI dan 1 unit milik BPBD Kalteng," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Ia mengatakan, bantuan APD dari Kemenkes RI akan diperuntukan bagi seluruh rumah sakit rujukan di Kalbar dan Kalteng. Diharapkan dengan tersedianya APD dapat membantu Tim Medis di Kalbar dan Kalteng sebagai garda terdepan dalam penangananan Covid-19.

"Ketersediaan APD ini sangat  penting dalam mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itu melalui Dinas Kesehatan masing - masing provinsi, APD akan segera didistribusikan ke rumah sakit - rumah sakit di Kalbar dan Kalteng," ujar Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter