loading...
loading...

TNI AD di Kalbar Siapkan Tenaga Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

inidata.id - Bahu membahu memerangi Covid-19 semua pihak dilibatkan. Salah satunya dilakukan oleh Kodam XII/Tanjungpura, yang menyiapkan personelnya untuk membantu proses pemakaman jenazah pasien yang terinfeksi virus corona atau Coronavirus Disease (Covid-19) di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Untuk menyiapkan tenaga pemakaman  tersebut Kodam XII/Tpr melakukan upaya dengan memberikan pelatihan Pemakaman dan Dekontaminasi kepada personel Kompi Kavaleri 12/Macan Dahan Cakti. Hal ini dilakukan agar dalam proses pemakaman jenazah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Latihan dilaksanakan di Markas Kikav 12/MDC.

Latihan Pemakaman dan Dekontaminasi ini diikuti oleh 21 personel Kikav 12/MDC. Sedangkan materi disampaikan oleh Kapten Czi Dipo dari Yonzipur 6/Satya Digdaya. Adapun materi yang diberikan pada kegiatan ini berupa latihan teori dan praktek.

Dalam latihan ini, Personel Kikav 12/MDC dibekali dengan prosedur pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 serta prosedur yang harus dilakukan setelah melakukan pemakaman. Guna meminimalisir personel yang melakukan pemakaman terpapar virus corona.

Kapten Czi Dipo selaku pemberi materi mengatakan, adapun materi yang diberikan meliputi cara penggunaan APD yang benar, cara menangani jenazah dari kamar mayat ke pemakaman, perlakuan dan kegiatan tim pemakaman selesai kegiatan pemakaman dan dekontaminasi (penyemprot disinfektan, pelepasan APD dan sterilisasi kendaraan).

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe menjelaskan latihan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman terhadap keluarga dari pasien positif Covid-19 dan melindungi personel Kodam XII/Tpr yang melaksanakan pemakaman jenazah pasien positif virus corona.

Dia bilang, setiap rumah sakit telah menyiapkan petugas untuk memakamkan pasien. Namun, jika petugas pemakaman tidak mencukupi, personel Kodam XII/Tpr siap dilibatkan. Pemakaman jenazah terjangkit Covid-19 harus selesai dalam waktu empat jam.

"Untuk itu kami berikan pelatihan, agar personel Kodam XII/Tpr siap apabila dibutuhkan untuk membantu pemakaman jenazah dari pasien Covid-19," katanya.

Dia mengatakan, untuk melindungi personel yang disiapkan untuk melakukan pemakaman, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad  memberikan dukungan berupa kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD).

"Di antaranya Jumpsuit , sarung tangan medis, masker face, masker N-95, sepatu boots, alat penyemprot gendong serta kaca mata, Face Shield," kata Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter