Babinsa Kapuas Jemput Pasien ODP Gunakan Speedboat

inidata.id - Anggota Koramil 1204-01/Kapuas, Kopda Dwi Handoko bersama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sanggau, kemarin menjemput salah satu Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Babinsa dan Tim Gugus Tugas dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) lengkap menjemput pasien dengan menggunakan speedboat dari sana bawa ke  penyeberangan PT MPE Desa Penyeladi. Selanjutnya dibawa ke mes Diklat Pemda Sanggau menggunakan ambulans.

Danramil 1204-01/Kapuas, Kapten Inf Eko Prasetyo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa anggota Koramil 01/Kapuas Kopda Dwi Handoko turut serta melakukan penjemputan pasien ODP bersama dengan Bhabinkamtibmas dan anggota BPBD Kabupaten Sanggau.

"Sesuai tugasnya, Babinsa harus mengikuti perkembangan di wilayah binaannya, termasuk seperti saat merebaknya pandemi Covid-19 sekarang ini. Sejalan dengan tugas, Babinsa harus berperan aktif dalam mengedukasi dan meneruskan informasi yang bersifat himbauan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 serta penjemputan pasien," kata dia.

Petugas Puskesmas bernama Ahmad mengatakan bahwa ODP tersebut baru pulang dari Negara Malaysia, sesampainya di sana pasien tersebut langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan Rapid Test dengan hasil reaktif, kemudian diperintahkan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Setelah isolasi mandiri selama 14 hari,  dilakukan pengecekan yang kedua dengan menggunakan Rapid Test namun hasilnya masih tetap reaktif.

"Selanjutnya kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Sanggau terkait pasien ODP tersebut, sehingga dilakukan penjemputan oleh Tim Gugus tugas dan pasien dibawa ke Mess Diklat Pemda Sanggau untuk dilakukan isolasi sambil menunggu jadwal pemeriksaan," kata Ahmad.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter