Dampak Ekonomi Akibat COVID-19 di Kayong Utara, Bupati Citra Duani: Saya Mancing

inidata.id - Bupati Kayong Utara Citra Duani meninjau langsung daerah kepulauan di Kayong Utara untuk melihat langsung dampak sosial dan ekonomi selama terjadinya COVID-19 di negeri bertuah tersebut.

Bupati Citra Duani melihat banyak masyarakat di kepulauan khususnya masyarakat nelayan sulit menjual hasil tangkapan mereka dan biaya  operasional yang dikeluarkan jauh lebih besar dikarenakan ada kenaikan yang signifikan dari harga Bahan Bakar Minyak (BBM)  hingga 10 ribu rupiah.

Selain itu juga, hasil survei yang ia lakukan di waktu libur itu masih ada kegiatan penangkapan ikan secara ilegal. Seperti pengeboman ikan dan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal lainnya.

“Justru kita turun ke daerah  kepulauan untuk mengetahui  permasalahan nelayan yang sebenarnya, saya tidak hobi memancing, tetapi saya melakukan survei langsung melihat kesusahan masyarakat, memang kondisi COVID-19 saat ini mereka tidak banyak mendapatkan hasil tangkapa, hasil tangkapan pun kurang pembelinya, BBM solar sampai harga 10 ribu, ada lagi pengeboman ikan yang dikeluhkan masyarakat,” kata Bupati Citra Duani.

Dia mengatakan cold storage yang tersedia di Pulau Maya tidak beroperasi dikarenakan hasil tangkapan ikan yang dihasilkan masyarakat bermata pencarian nelayan disana sangat sedikit.
 Bupati Kayong Utara Citra Duani (IST)


“Jadi saya mencari benang merahnya kenapa cold storage di sana tidak berfungsi  dikarenakan nelayan banyak yang bertransaksi di laut, alasan mereka kalau dibawa ke  TPI biaya operasionalnya tinggi, hal seperti ini harus  ada kapal penjemput yang akan harus kita sediakan untuk membeli ikan – ikan nelayan tersebut,” kata Bupati Citra Duani.

Dia menambahkan, dalam keadaan wabah corona tersebut ia  meninjau fasilitas kesehatan dan memberikan motivasi  kepada nelayan agar tetap semangat dalam beraktivitas dan terus tetap menjaga keluarga dengan mengedepankan  protokol  kesehatan penanganan COVID-19.

“Saya mancing pun bersama nelayan yang mana untuk  memberikan motivasi kepada nelayan, bukan untuk  bersenang –senang dengan gelombang yang cukup tinggi. Inilah upaya kita lakukan dalam penanganan COVID-19  dan pengendalian dampak ekonomi sosial,” kata Bupati Citra Duani.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter