loading...
loading...

Pangdam XII/Tpr Jadi Narasumber dalam Web Seminar FKUB Kalbar

inidata.id - Di Ruang Rapat Puskodalopsdam XII/Tanjungpura,  Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menjadi salah satu narasumber pada Web Seminar (Webinar) yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun narasumber yang lain diantaranya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Imam Sugiyanto dan Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar, Suib. Dengan moderator Ketua FKUB Kalbar, Dr. Ismail Ruslan. Sedangkan tema webinar kali ini yaitu, "Ketahanan Pangan, Stabilitas Keamanan dan Kerukunan di Kalbar pada masa Pandemi Covid-19".

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang Stabilitas Keamanan di Wilayah Kalimantan Barat pada masa Pandemi Covid-19. Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan bahwa pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap stabilitas keamanan di seluruh Indonesia termasuk di Kalbar.

Dia mengatakan untuk di Kalbar ada beberapa kerawanan yang terjadi pada masa pandemi ini diantaranya, masuknya kembali TKI/PMI ke wilayah Kalbar yang berpotensi sebagai carrier virus, kurangnya bahan pangan karena kurangnya pasokan, banyaknya tindak kriminal akibat tidak ada penghasilan karena tidak bekerja dan konflik sosial yang diakibatkan oleh kesenjangan sosial.

Untuk menjaga stabilitas keamanan di Kalbar tetap terjaga Kodam XII/Tpr melakukan berbagai strategi yaitu pertama penanganan kesehatan diantaranya melakukan penyemprotan disinfektan, membuat dan memberikan bantuan APD, Rapid test mobile, penyiapan rumah sakit, penyiapan tempat istirahat tenaga medis, membuat zonasi daerah, patroli gabungan dan pembentukan Kogasgabpad.

Kedua, bekerjasama dengan stake holder di Kalbar membuat Jaring Pengaman Sosial. Adapun yang dilakukan antara lain melaksanakan pengawalan distribusi beras bantuan, pembagian sembako, membagikan nasi kotak, monitoring harga, pemanfaatan lahan untuk tanaman jangka pendek, modifikasi cara bertanam dan beternak, mendata lokasi yang siap melaksanakan panen dan melaksanakan operasi gabungan ke gudang-gudang logistik.

"Stabilitas keamanan di Kalbar akan dapat terwujud dengan penanganan yang terpadu dan komprehensif," kata Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter