Wali Kota Edi Sebut UMKM Dapat Relaksasi dari Perbankan dan Pegadaian

inidata.id - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, perbankan dan pegadaian telah mematuhi arahan Presiden dalam memberikan relaksasi kredit bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan Pegadaian menawarkan pinjaman dengan bunga nol persen, maksimum Rp1 juta. 

"Bagi warga yang membutuhkan dana, bisa saja mengajukan pinjaman ke sana dalam waktu tiga bulan ini," ujar Wali Kota Edi  seusai rapat melalui video conference tindak lanjut kebijakan-kebijakan stimulus perekonomian sebagai dampak Covid-19 terhadap pelaku UMKM di Kota Pontianak di Ruang Pontive Center, Senin (18/5/2020).

Dengan adanya keringanan ini, dia berkata bisa memberikan kenyamanan kepada warga yang ingin merayakan Idul Fitri. Diakuinya, hampir semua UMKM terdampak akibat pandemi Covid-19. Sebagian besar menutup usahanya sehingga penghasilan berkurang dan mereka tidak bisa membayar cicilan kredit secara lancar. 

"Termasuk dari asuransi dan pinjaman leasing terutama roda dua dan roda empat," kata Wali Kota Edi.

Di Pegadaian, berbeda dengan saat kondisi normal. Biasanya masyarakat datang ke Pegadaian untuk menebus perhiasan untuk dipakai saat lebaran. Di tengah situasi pandemi Covid-19, aktivitas tersebut tidak lagi seramai seperti biasanya menjelang lebaran. 

"Sekarang mereka tidak mengambil perhiasan, mungkin karena tidak mudik, jadi penampilan biasa saja. Justru sekarang banyak yang pinjam," kata Wali Kota Edi.


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter