Apa Kabarnya Budidaya Kelapa Sawit Ramah Lingkungan di Kalbar?

info harga tandan buah segar sawit kalbar
inidata.id - Solidaridad menggelar Training of Train (ToT) Pelatihan Budidaya yang Baik untuk Mewujudkan Pekebun Kelapa Sawit yang Lestari dan Ramah Lingkungan di Desa Lubuk Tajau, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Kegiatan dilakukan selama tiga hari dengan dihadiri lima belas orang peserta yang berasal dari perwakilan kelompok tani, dan dibuka oleh Rahim/Kasi Pembenihan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, & Perikanan (DKP3) Sekadau.
Kami dari dinas menyambut baik kegiatan yang dilakukan Solidaridad, selaku mitra kerja dari Pemerintah Sekadau.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mempercepat proses Surat Tanda Daftar Budidaya Perkebunan (STDB) dan petani di desa dapat menerapkan praktik budidaya yang lestari dan ramah lingkungan di Kabupaten Sekadau. Kata Rahim.

Pada hari berikutnya kegiatan dilakukan di kebun milik peserta dengan melakukan pengamatan di kebun.
info harga tandan buah segar sawit kalbar
Kegiatan diisi dengan materi-materi seperti, benih bersertifikat, pembibitan dan pengelolaan, persiapan lahan dan penanaman, pengelolaan TBM, mengenal jenis dan pH tanah, pembuatan pupuk organik, pupuk anorganik dan defisiensi unsur hara, HGP, pestisida dan APD, manajemen panen, dan modal biaya replanting.

Kegiatan berlangsung dengan mengikuti standar protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker. Nantinya, para peserta yang dilatih akan mempraktikkan ilmu yang didapat pada saat kegiatan ke kelompoknya masing-masing, dan mampu mentransfer pengetahuan pada saat forum diskusi antar kelompok.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kegiatan serta penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta.
info harga tandan buah segar sawit kalbar
"Dengan adanya kegiatan seperti ini, warga berterima kasih kepada Solidaridad atas kegiatan yang dilaksanakan, dan berharap kegiatan ini berlanjut dengan pendampingan-pendampingan lainnya," kata Yohanes Rongki. (Nurmanto)


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter