Makna Semangat Tahun Baru Islam Kata Dewan Kapuas Hulu

Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi
Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi. (Foto: Insidepontianak.com)
inidata.id - Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandhi mengajak seluruh warga untuk memaknai semangat tahun baru Islam, 1 Muharram 1442 H. Politisi dari Partai Golkar ini menegaskan, semangat tahun baru Islam masih relefan dengan kondisi kekinian.

“Semangat tahun baru Islam adalah tonggak perjuangan Nabi Muhammad SAW, ketika harus melakukan perpindahan dari Makkah menuju Madinah,” kata Kuswandhi pada Kamis (19/8/2020) di Kapuas Hulu.

Semangat tahun baru Islam merupakan perintah dari Allah SWT kepada Muhammad SAW, agar menyebarkan agama Islam secara terbuka, dan melakukan hijrah atau pindah dari Mekkah ke Madinah. Hal itu merupakan bentuk perjuangan, agar nilai-nilai agama Islam lebih menyebar dan meluas.

Kuswandhi yang merupakan putra asal Kabupaten Kapuas Hulu itu menegaskan hijrah merupakan semangat yang harus terus dipegang, sebagai bagian dari nilai yang masih berlaku hingga sekarang. Misalnya, hijrah dari situasi yang tidak baik menjadi lebih baik.

“Makna tahun baru Islam juga dapat dimaknai sebagai bentuk introspeksi diri,” ucap Kuswandhi sebagaimana diberitakan Insidepontianak.com.

Orang harus melakukan instrospeksi diri selama satu tahun ini, apa yang sudah diperbuat dan dilakukan. Sehingga tahun baru merupakan momen untuk melihat dan instrospeksi, apa yang sudah dilakukan selama setahun terakhir.

Kuswandi mengajak kepada seluruh warga, saling menjaga kerukunan dan harmonisasi yang sudah tercipta dengan baik di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Mari kita jaga tali silaturahmi antar warga,” ucap  Kuswandhi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter