Pertamina Kalimantan Kembangkan Pasar Mitra Binaan Melalui Ajang Pertamina SMEXPO 2020

inidata.id - Pengembangan pasar menjadi salah satu program pembinaan yang dilaksanakan oleh Pertamina Region Kalimantan untuk mengembangkan mitra binaannya. Untuk itu, Pertamina Region Kalimantan mengikutsertakan 23 mitra binaan terpilih untuk mengikuti Ajang Pertamina SMEXPO 2020.

Pertamina SMEXPO 2020 disiapkan sebagai ajang dengan paket lengkap. "Tidak hanya sebagai marketplace UMKM terbesar di Indonesia, melainkan juga terdapat rangkaian acara berbasis virtual lainnya yang dapat diakses masyarakat umum secara gratis. Mulai dari fashion show hingga penampilan dari deretan artis dan musisi ternama," ujar Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun.

Robert menjelaskan bahwa ajang ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh mitra binaan Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia.

 "Jumlah peserta seluruhnya sebanyak 100 dan di wilayah Kalimantan sebanyak 23. Mitra binaan Kalimantan cukup dominan. Ini menunjukkan bahwa potensi mitra binaan di Kalimantan sangat baik dan dapat terus dikembangkan," katanya.

Untuk menjadi peserta Pertamina SMEXPO 2020, Pertamina Region Kalimantan melakukan seleksi yang cukup ketat.

"Karena peserta yang diminta dari Pertamina Pusat juga terbatas, kami mengumpulkan data mitra binaan, kemudian melakukan evaluasi terhadap kinerja, niat untuk berkembang, serta juga peluang pasar para mitra binaan lalu mengusulkan ke Pusat," katanya.

"Untuk dapat mengikuti pameran ini, kita cukup masuk melalui link www.pertaminasmexpo.com pada tanggal 9 - 11 September 2020" ajaknya. "Melalui ajang ini, kita bisa sama-sama memajukan pengusaha  UMKM dan turut mengerakkan perekonomian masyarakat," ucapnya.

Selain menjadi sarana untuk pemasaran, Roberth juga mengharapkan agar ajang ini dapat menjadi sarana bagi para mitra untuk belajar.

"Peserta pameran ini adalah para mitra binaan terbaik. Ini kesempatan yang baik juga untuk mitra binaan untuk melihat strategi para mitra binaan lainnya" katanya.

Salah satu peserta Pertamina SMEXPO 2020 dari Kalimantan Tati Kartati, mengatakan pameran ini menjadi kesempatan kami untuk mengembangkan pasar kami.

Mitra binaan yang mengembangkan produk Abon Ikan Asin Layur "Amiroh" tersebut mengatakan sebelum mengikuti pameran, mereka mendapatkan perbaikan-perbaikan terlebih dahulu.

"Kami dibina dan diberikan masukan mengenai membuat kemasan yang menarik sebelum nanti akan tampil di pameran ini," katanya.

"Hal yang membuat saya terkejut adalah walau pameran belum dimulai, saya mendapatkan pemesanan sebanyak 1.800 pack dari pembeli di Jawa, Sumatera dan Kalimantan," katanya.

Program Kemitraan merupakan program pengembangan UMKM melalui bantuan pinjaman modal usaha. Adapun syarat untuk menjadi mitra binaan yaitu WNI, usaha minimal telah berlangsung 6 bulan, usaha penjualan per tahun maksimum 2.5 milyar rupiah, memiliki asset kekayaan bersih maksimum 500 juta rupiah, dan merupakan usaha milik sendiri, serta tidak berbadan hukum

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter