Aksi Penyelundupan Sabu dalam Kutang di Batam

inidata.id - Di Tengah mewabahnya Pandemi COVID-19 Bea Cukai Batam menangkap tersangka menyelundupkan sabu dalam bera atau kutang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Kepala Bidang Kepatuhan dan Layanan Informasi  Kantor Pelayanan Umum   Bea Cukai Batam Muhamad Rizki Baidillah mengatakan peristiwa tersebut terjadi Pada hari Minggu, 11 Oktober 2020, pukul 07.05 WIB.

"Petugas Bea Cukai Batam melakukan pemeriksaan terhadap dua orang calon penumpang yang terlihat mencurigakan ketika akan melewati pemeriksaan di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional Hang Nadim," kata Rizki. 

Penumpang tersebut terdiri dari seorang perempuan  berinisial TR   (29) dan seorang laki - laki  berinisial AS (36) dengan tujuan Batam - Jakarta - Lombok.

Menurut Rizki tersangka sempat menghindari pemeriksaan oleh petugas, keduanya digiring ke Pos Bea Cukai untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Petugas selanjutnya melakukan pemeriksaan badan, dan ditemukan satu buah bungkusan di dalam pakaian dalam (bra) TR," kata Rizki.

Keduanya mengakui bahwa bungkusan tersebut berisi metamphetamine atau sabu. Menurut pengakuan, keduanya diperintah oleh salah seorang berinisial I yang beralamat di Tembesi, Batam.

Selanjutnya, kedua calon penumpang dilakukan tes urine dengan hasil keduanya positif mengkonsumsi metamphetamine. 

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, keduanya dibawa ke Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam. 

Dilakukan pemeriksaan terhadap bungkusan tersebut, teridentifikasi bahwa bungkusan tersebut berisi metamphetamine/sabu seberat 117 gram, dengan nilai barang diperkirakan Rp198.900.000,00 (seratus sembilan puluh delapan juta sembilan ratus ribu rupiah).

Untuk proses lebih lanjut, tersangka dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Kepolisian Daerah Kepulauan Riau. 




Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter