Menilik Kredit Usaha Rakyat Makmur di Pontianak


 inidata.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Pontianak meluncurkan produk kredit murah dengan syarat mudah di Aula Sultan Syarif Abdurrahman kantor Wali Kota Pontianak.

 Dalam upaya membantu pelaku usaha mikro kecil untuk dapat bangkit dan kembali menggerakkan ekonomi, serta menyikapi banyaknya penawaran kredit yang dilakukan oleh para rentenir dan perusahaan fintech lending illegal, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono selaku ketua Dewan Pengarah TPAKD Kota Pontianak menggagas sebuah produk kredit dengan biaya murah serta syarat yang mudah. 

Produk kredit dimaksud bernama “Kredit Usaha Rakyat Makmur (KURMA)” yang disalurkan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) BPR Khatulistiwa. 

Produk KURMA menawarkan bunga rendah yakni 4,5% pertahun atau lebih rendah dibanding bunga KUR yang ada saat ini. 

Produk ini ditujukan untuk pelaku usaha mikro kecil dengan maksimal plafon pinjaman sebesar Rp25 juta serta dapat dicicil selama maksimal 36 bulan (3 tahun).  

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan bahwa hal ini merupakan kepedulian pemerintah kota Pontianak terhadap pelaku usaha mikro kecil, perwujudan keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat menengah ke bawah, serta kado ulang tahun ke-249 Kota Pontianak. 

"Produk ini bisa mengatasi permasalahan akses permodalan yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro kecil karena persyaratan kredit telah dipermudah dengan proses kredit yang relatif cepat," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. 

Disitat dalam keterangan resminya, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Barat, Moch.Riezky F.Purnomo, menyampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota dan TPAKD Kota Pontianak sejalan dengan program tematik tahun 2020 OJK yakni penciptaan produk kredit melawan rentenir. 

Produk KURMA yang dipasarkan oleh Perumda BPR Khatulistiwa telah memiliki 2 karakteristik dasar yang harus dimiliki oleh  yakni murah dan cepat. Suku bunga yang ditawarkan sangat murah, syarat juga relatif mudah, serta waktu pemrosesan kredit yang cepat. 

OJK memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif dan kepedulian Walikota Pontianak dalam upaya untuk membuka akses keuangan yang seluas-luasnya serta ikut mendorong percepatan pemulihan ekonomi daerah. 

Direktur Utama Perumda BPR Khatulistiwa, Agus Subardi, mengucapkan terima kasih atas arahan Walikota Pontianak dalam mendorong terciptanya produk kredit KURMA, serta memberikan apresiasi kepada OJK yang ikut serta memberikan masukan konstruktif terhadap produk kredit dimaksud. 

Agus Subardi mengajak masyarakat kota Pontianak khususnya pelaku usaha mikro kecil memanfaatkan produk kredit KURMA untuk kemajuan usahanya. 



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter