-->

Cara Melestarikan Tradisi dan Budaya

inidata.id-Serda Paulus Tomas Babinsa anggota Koramil 1208-07/Sekura ikut berpartisipasi dan melestarikan tradisi budaya  yang ada di Desa Arung Parak, Kecamata Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada Minggu (28/3/2021).

Suatu kehormatan bagi Serda Paulus Tomas untuk bisa menghadiri dan ikut serta menumbuk padi untuk membuat Amping bersama masyarakat desa binaan, tradisi dan budaya yang bersifat ketradisionalan seperti setiap tahunnya dilakukan setelah selesai panen padi, 

"Amping adalah merupakan makanan yang diolah dari padi, peninggalan nenek moyang di Sambas. Kebudayaan lokal ini  memiliki nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal yang harus dipertahankan," kata Serda Paulus Tomas Babinsa anggota Koramil 1208-07/Sekura. 

Budaya dan tradisi adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia pada umumnya menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan sebagai simbol kehidupan dan kekuatan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap warisan budaya leluhur.

Komandan Koramil 1208-07/Sekura Kapten Arm Herlin Dinata menambahkan, tradisi tersebut harus dijaga dengan baik, untuk menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki banyak adat budaya dan seni tradisional. Hal ini yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain dari keragaman budaya yang dimiliki.

“Siapa lagi yang akan memelihara dan melestarikan budaya lokal, jangan sampai negara lain mengakui budaya Indonesia sebagai budaya mereka,” kata dia.

Sebagai penerus dan pewaris adat dan budaya tersebut, kita wajib untuk menjaganya, dari keragaman budaya daerah inilah terbentuk satu budaya nasional.

Untuk menjaga budaya nasional tetap terpelihara dengan baik, tradisi yang sering dilakukan setiap selesai panen padi ini hendaknya tetap dipertahankan.  



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter