-->

Dongeng di Tebang Kacang

inidata.id-Tambah lagi cerita dongengnya bang’ kata salah satu anak, sambil berbaring dilantai. ‘Satu agik om’ timpal yang lain.  Senang dan menikmati mereka   mendengarkan cerita dongeng tentang Si Gentar Alam. Namun, anak yang lain juga sudah banyak yang melirik-lirik jendela melihat jemputannya. Resah’. Karena memang biase mereka pulang jam 5 sore.

Jumat, 19 Maret 2021, para Penggiat Literasi di Kubu raya mengelar kegiatan mendongeng di TPA Darussalam, jalan Manunggal Dusun Wonosasi, Desa Tebang Kacang. Pukul 17.20, kegiatan  mendongeng harus dihentikan. Selain sudah sore. Karena, membacakan dongeng ini juga harus dilakukan dengan senang dan ceria.  Walau beberapa anak masih menginginkan cerita lagi

Di tempat ini, kami membuat taman baca’ Kata Suparyono, salah seorang tokoh pemuda dan inisiator pembangunan musholla Darussalam, di Desa Tebang Kacang. Di akhir tahun  90-an  saya dan Sofian memulainya dengan membuat rak sederhana. Buku nya pun masih sangat terbatas. Dulu belum seperti sekarang ini. Jalan kesini masih sangat sulit’ tambahnya.

Kegiatan mendongeng diupayakan sehangat dan seceria mungkin. Agar anak-anak selain mendapat hiburan juga menikmati proses membacakan dongeng. Pada kesempatan ini secara bergantian  Ahmad Sofian, Badarah, Dewi Wahyu Ningrum dari penggiat literasi di Kubu Raya  membacakan cerita / mendongeng. Tak ketinggalan Pradono, salah seorang aktor kawakan kalbar juga membawakan salah satu cerita dongeng dari Kalimantan Barat. Kali ini dongeng berjudul Batu Menangis.

“ Kami disini sangat senang dan berterima kasih” kata pak Abdul Rasyid, guru menggaji yang telah berpuluh tahun membina anak-anak dan masyarakat di tebang kacang. ‘Untuk kesekian kalinya anak-anak tidak hanya dihibur, namun juga mendapat ilmu yang bermanfaat dan menambah semangat mereka untuk belajar.

Selain untuk merayakan dongeng sebagai sebuah proses, metode dan seni. Rangkaian kegiatan peringatan hari dongeng sedunia ini juga  untuk selalu mengingatkan manfaat dari mendongeng.  Sebagai  penyampaian pesan moral (transfer nilai) kepada para pendengarnya. 

Rangkaian pelaksanaan kegiatan dilakukan secara swadaya.  Berlangsung sejak 12 maret hingga direncanakan 28 maret.  Dimulai dengan diskusi, persiapan, pelatihan bagi para penggiat literasi.

 Hingga proses mendongeng, membacakan cerita di sejumlah taman baca di Dusun Wonosari Tebang Kacang, Dusun Lingga Selatan, Tanjung Saleh, Rasau Jaya, Punggur Kecil serta beberapa lokasi lainnya di Kabupaten Kubu Raya. 

Penerapan protokol kesehatan menjadi hal penting dalam setiap kegiatan ini. Setelah di Desa Tebang Kacang ini, besok Sabtu, 20 Maret kami akan mendongeng di Desa Lingga Ambawang.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter