-->

Advertisement

KS

Dongeng Indah di Tanjung Saleh

Sepanjang perjalanan kami disuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Siang kala air sedang surut, muara sugai kakap terlihat lebih luas dan megah. Sore, kala kami arah pulang. Pelangi yang melingkar mengungkapan kegembiraan.

Seperti kegembiraan puluhan anak-anak yang hadir di Kampung Baca Tanjung Saleh (Tansal). Senyum sumringah seolah dikumpulkan oleh semesta dikirimkan kepada langit untuk dibuat pelangi yang melingkar saat senja di Muara Sungai Kakap.

Setelah di sambut dan di buka oleh Mas’udi, sebagai tuan rumah. Kata demi kata kemudian memenuhi ruangan, mimik-ekspresi menghantarkan.  Cerita   rakyat  berjudul Kalantika dari buku profesor Chairil Effendi dihantarkan oleh Ahmad Sofian, penulis-penggiat literasi di Kubu Raya.  

Berbagi cerita ia dengan Listiani, penggiat literasi di Kubu Raya yang berdomisili di Rasau Jaya. Pradono, seorang sastrawan dan aktor kawakan kalbar dengan semangat yang tak kendor membawakan cerita rakyat Asal Usul Pantai Kijing. Badariah pada kesempatan ini tidak turut membacakan dongeng ‘Tuan rumah tidak usah’ katanya. Biar penggiat literasi yang lainnya saja. Supaya anak-anak lebih semangat.

Kesempatan ketiga dari rangkaian mendongeng di kampong baca tansal (Tanjung Saleh). Berada di Dusun Parit Pangeran, Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Kakap. Lokasinya menyeberangi muara Sungai Kapuas (Muara Kakap). Membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit dari dermaga kakap untuk sampai ke lokasi. Mengunakan sampan yang di tempel mesin air 2 PK.

Hari Minggu, 21 Maret 2021 yang cerah. Selepas dzuhur acara sudah mulai. Sampai kira-kira selepas ashar. Lebih awal memang. Untuk mempertimbangkan air pasang di sore hari saat rombongan akan kembali. Agar tidak kemalamam dan terkena angin kuat yang dapat membuat ombak lebih besar dari biasanya.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan memperingati Hari Dongeng berlangsung sejak tangga 12  hingga direncanakan 28 maret.  Dimulai dengan diskusi, persiapan, pelatihan bagi para penggiat literasi. 

Hingga proses mendongeng, membacakan cerita di sejumlah taman baca di Dusun Wonosari Tebang Kacang, Dusun Lingga Selatan, Tanjung Saleh, Rasau Jaya, Punggur Kecil serta beberapa lokasi lainnya di Kabupaten Kubu Raya. 

kata Ahmad Sofian beerkata, penerapan protokol kesehatan menjadi hal penting dalam setiap kegiatan ini. ‘Setelah di Tanjung Saleh, selanjutnya kami akan mendongeng di Desa Punggur Kecil, kecamatan Sungai Kakap.



Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Subscribe Our Newsletter