-->

Cara UNIQLO Kolaborasi dengan 3 Seniman

Jelang Pembukaan Toko Paling Ikonik ala UNIQLO

inidata.id - UNIQLO Indonesia mempersembahkan A heART for Jakarta yang berkolaborasi dengan 3 seniman visual Muchlis Fachri (Muklay), A.A.G Airlangga (Tutu), dan Diela Maharanie, yang merupakan sebuah rangkaian dari pembukaan toko UNIQLO paling ikonik di Indonesia di pusat perbelanjaan terbaru Pondok Indah Mal 3, pada 9 April 2021 mendatang.

A heART for Jakarta ini mencakup kolaborasi individu untuk gerakan kolektif tentang mimpi, harapan, dan semangat yang menggerakkan perjalanan penduduk Jakarta untuk membangun kotanya. 

Dengan menggunakan seni sebagai media berekspresi, melalui A heART for Jakarta ini UNIQLO Indonesia memberikan kesempatan bagi masyarakat Jakarta untuk menyuarakan imajinasi terbesar mereka dan ide-ide penuh harapan tentang Jakarta di masa depan.

Salah satu kegiatan rangkaian acara A heART for Jakarta yang digelar jelang pembukaan toko paling ikonik UNIQLO di pusat perbelanjaan terbaru di Jakarta, Pondok Indah Mall (PIM) 3 ini adalah live mural oleh ketiga seniman ini di kawasan Taman Dukuh Atas, Jakarta, hari ini. 

Ketiga seniman ini menuangkan ide, gaya kreasi seni dan sudut pandang mereka tentang Jakarta pada sebuah bidang mural bergambar peta Jakarta berukuran lebar 2,5 m dengan signature marks mereka. Aksi live mural ini mengundang antusias dari pejalan kaki dan masyarakat sekitar yang menyaksikan, bahkan hingga khalayak dunia maya.

Muchlis Fachri alias Muklay adalah seorang seniman visual yang pernah menerima beberapa penghargaan bergengsi dan telah menggelar pameran seni solonya di dalam dan luar negeri. Kolaborasinya dan UNIQLO dimulai pada 2018 sejak ia dipilih sebagai salah satu dari empat seniman dari negara-negara Asia Tenggara yang membawa karya seninya ke lebih banyak khalayak ramai.

“Jakarta saat ini, sudah menjadi rumah bagi kita semua. Banyak cerita dan juga harapan yang akan selalu ada di setiap masyarakat Jakarta. Semoga kota kita selalu belajar untuk berkembang menjadi lebih baik. Ini harapan saya buat Jakarta! Dan saya juga percaya, semua bisa berubah jadi lebih baik dimulai dari setiap individu yang hidup di kota. Saya decide untuk berkontribusi buat Jakarta dengan berkarya untuk kota dimana saya tinggal ini,” ucap Muchlis Fahri (Muklay).

A.A.G Airlangga alias Tutu memulai karirnya sebagai animator konvensional, kemudian pada tahun 2000 mulai menekuni ketertarikannya kepada Graffiti dan Street Art. Kejenuhan akan keseragaman kancah seni jalanan membuatnya lebih mengembangkan dan mendalami materi konsep dan visual tanpa meninggalkan komponen sejarah yang dilewatinya. 

Sedangkan Diela Maharanie adalah seorang Ilustrator dan seniman visual yang sebagian besar karyanya dipenuhi dengan pola warna-warni yang cerah, tetapi juga mengisyaratkan misteri pada karakternya. Warna dan pola Maharanie muncul dalam ilustrasi yang indah. 

Live mural yang berlangsung di ruang publik ini berlangsung atas dukungan Jakarta Experience Board (JXB) juga atas kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta yang memiliki semangat kolaborasi dalam city branding Jakarta yang baru, +Jakarta (Plus Jakarta: A City of Collaboration).

Proyek ini juga mendukung tahun ekonomi kreatif dengan mendorong para pelaku kreatif utk menjadikan kota sebagai kanvas berkarya, yang juga merupakan salah satu upaya mengembalikan peran penting ruang publik yang redup saat pandemi Covid-19 dengan menghadirkan instalasi seni dan karya-karya kreatif di ruang-ruang terbuka Ibu Kota Jakarta.

Selain itu, kegiatan ini dapat membangkitkan kembali harapan seniman-seniman dan pelaku kreatif Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Hasil karya seni mural dari ketiga seniman ternama ini dapat Anda nikmati pada pameran seni a heART for Jakarta yang akan berlangsung saat pembukaan toko paling ikonik UNIQLO di Indonesia yang akan hadir di pusat perbelanjaan baru, Pondok Indah Mal 3, dimulai dari tanggal 9-11 April 2021. 

Selain itu, tak hanya sekedar bisa menikmati hasil karyanya, para pelanggan pun dapat berkesempatan memiliki art piece dari a heART for Jakarta hasil kreasi mereka tersebut dalam bentuk live screen printing merchandise yang juga akan dilakukan langsung oleh sang seniman pada saat pembukaan toko tanggal 9-11 April 2021.

Didukung oleh Tentang JXB

• Jakarta Experience Board hadir sebagai badan usaha yang terus mendukung pariwisata, ekonomi kreatif, dan beautifikasi Kota Jakarta

• Jakarta Experience Board hadir sebagai katalisator bagi para pelaku kreatif  untuk bersama memberikan warna baru bagi Kota Jakarta.

Tentang +Jakarta

• +Jakarta (baca: plusjakarta), sebuah wadah penggerak, untuk mewujudkan sebuah kolaborasi antar elemen. Baik warga maupun kota, yang kami percaya dapat menciptakan dampak positif bagi semua. 

• +Jakarta hadir untuk menginspirasi dan menjadikan setiap kolaborasi warganya sebagai bagian dari sejarah kemajuan kota. Berperan sebagai penggerak, +Jakarta memfasilitasi berbagai informasi, ide, dan peran untuk berkolaborasi demi tujuan kota.

 Tentang UNIQLO LifeWear

Busana yang berasal dari budaya Jepang yang menghargai kesederhanaan, kualitas terbaik, dan ketahanan. Didesain untuk saat ini dan dari waktu ke waktu, LifeWear diciptakan dengan modern dan elegan untuk menjadi komponen gaya masing-masing individu.

Sebuah kemeja sempurna yang senantiasa dibuat lebih sempurna. Desain sederhana yang menyembunyikan detail-detail modern dan penuh pemikiran. Potongan dan bahan terbaik yang dibuat agar mudah didapatkan dengan harga terjangkau. 

LifeWear merupakan pakaian yang terus diperbarui, memberikan kehangatan, lebih ringan, desain yang lebih baik, dan lebih nyaman bagi kehidupan masyarakat.

Soal UNIQLO and Fast Retailing

UNIQLO adalah merek pakaian milik fast Retailing Co, Ltd., sebuah perusahaan ritel global terkemuka dari Jepang yang berpusat di Tokyo. UNIQLO merupakan merek terbesar dari enam merek dagang lainnya di grup Fast Retailing, seperti GU, J Brand, Theory, Comptoir des Cotonniers, dan Princesse tam.tam.

Dengan nilai penjualan global sekitar 2,2905 Triliun Yen untuk tahun 2019, tahun fiskal yang berakhir pada 31 Agustus 2019, (USD 21,53 milyar, dihitung dengan kurs pada akhir Agustus 2019 1 US Dollar = 106,4 Yen) Fast Retailing merupakan salah satu perusahaan ritel pakaian terbesar di dunia, dan UNIQLO merupakan peritel spesialis utama di Jepang.

UNIQLO terus membuka toko berskala besar di beberapa kota dan lokasi penting di dunia, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat statusnya sebagai sebuah brand global. Saat ini UNIQLO memiliki lebih dari 2.000 toko di 25 pasar dunia termasuk Jepang, Australia, Belgia, Kanada, China, Denmark, Perancis, Jerman, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Belanda, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Taiwan, Thailand, Inggris, Amerika Serikat dan Vietnam. Selain itu, UNIQLO mendirikan suatu model bisnis sosial yang didirikan di Bangladesh bersama dengan Bank Grameen di tahun 2010, dan kini sudah berdiri beberapa toko Grameen-UNIQLO di Dkaha. 

 Seiring dengan komitmen perusahaan untuk changing clothes, changing conventional wisdom and change the world, Fast Retailing berdedikasi untuk menciptakan pakaian berkualitas dengan nilai unik dan baru yang diharapkan mampu memperkaya kehidupan orang-orang dimanapun. Untuk informasi lebih lanjut tentang UNIQLO dan Fast Retailing, silakan mengunjungi situs www.uniqlo.com dan www.fastretailing.com. (*)





Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter