-->

KS

Ini Data Penghargaan IGA 2021 Kategori Pengolahan Sampah Terpadu

inidata.id-Pertamina Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Supadio Marketing Operation Region (MOR) VI mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2021 yang diserahkan langsung oleh penggagas IGA yaitu La Tofi, Chairman The La Tofi School of CSR di Hotel Kempinski Jakarta pada Senin (7/4/2021). 

DPPU Supadio berhasil meraih penghargaan pada kategori mengembangkan pengolahan sampah terpadu dengan membawa program SAKU PUKUL (Sampahku di Kepung Bakul).

 Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

      Dukung Inidata.id tetap ada  

Selain DPPU Supadio, Pertamina MOR VI mendapatkan 7 (tujuh) tambahan penghargaan yang diraih oleh Integrated Terminal (IT) Balikpapan, DPPU Sepinggan Grup, Fuel Terminal (FT) Tarakan,  DPPU Syamsudin Noor, dan tiga penghargaan oleh IT Banjarmasin dengan kategori yang berbeda-beda

Turut hadir pada saat acara yaitu Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Alue Dohong, Vice President CSR PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melalui daring.


IGA awards yang diluncurkan sejak 2009 merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan maupun perseorangan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas atau berprestasi dan berjasa bagi lingkungan sekitar. 

Program CSR DPPU Supadio yang mendapatkan penghargaan ini dilatarbelakangi atas pemahaman masyarakat Kubu Raya mengenai pentingnya pengolahan sampah masih perlu ditingkatkan. 

Terlebih wilayah Kubu Raya, Kalimantan Barat memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang masih menggunakan sistem open dumping, dimana sampah dibuang begitu saja tanpa ada pengelolaan sehingga hal ini akan berdampak besar dibeberapa tahun mendatang.

Munculnya industri-industri dan perusahaan mengakibatkan jumlah pembuangan sampah di Kubu Raya semakin meningkat. 

Berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalbar, sebanyak 86 persen masyarakat Kubu Raya masih membakar sampahnya dan 3 persennya membuang ke sungai. 

Program Bank Sampah merupakan suatu sistem pengolahan sampah secara kolektif dengan prinsip daur ulang. 

Metode ini bisa meningkatkan nilai ekonomis dari sampah dan masyarakat yang bertindak sebagai nasabah juga akan mendapatkan keuntungan. 

DPPU Supadio diawal tahun 2020 melihat potensi yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan masalah lingkungan ini. 

Melalui program ini, CSR DPPU Supadio mencanangkan berbagai program di Bank Sampah binaan ini diantaranya adalah program TAKSUKO (Tabungan Sampah untuk Sembako), Kelas Kapuas Hijau sebagai wadah peningkatan kapasitas masyarakat untuk membuat produk diversifikasi sampah dan Program Fun English (Koin Bahasa Inggris) menukar sampah untuk belajar Bahasa Inggris. 

Program ini dilaksanakan sebagai peluang untuk menyelesaikan masalah lingkungan sekaligus masalah sosial-ekonomi di wilayah Kubu Raya, dimana Kubu Raya merupakan pintu gerbang terbesar Provinsi Kalimantan Barat sekaligus sebagai wilayah operasi DPPU Supadio.

Arya pada kegiatan yang sama mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih oleh Pertamina. 

Hal ini menunjukkan komitmen penuh dari Pertamina untuk tidak hanya mengemban tugas mulia untuk menyalurkan energi hingga ke pelosok negeri tetapi juga tetap menjalankan tugas dan kewajibannya dalam hal Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Alue Dohong memberikan apresiasi kepada para perusahaan yang telah berkontribusi pada sekitar dan lingkungannya dalam menjalankan program-program CSR.

“Banyak perusahaan yang mendapatkan Proper hijau dan emas, saya apresiasi bahwa perusahaan memperhatikan lingkungan dan stabilitas keadaan sekitarnya melalui pelaksanaan program-program CSR-nya. Hal ini juga upaya yang hebat dan sumbangsih dari masing-masing perusahaan sehingga emisi gas rumah kaca juga menunjukkan angka yang turun,” ujar Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia Alue Dohong.

Setelah Om dan Tante membaca artikel ini bisa mendukungnya dengan cara nyawer melalui tombol di bawah:

      Dukung Inidata.id tetap ada  

Susanto August Satria, Unit Manager Comm., Rel & CSR MOR VI menjelaskan tidak hanya program CSR saja yang dilaksanakan oleh Pertamina, tetapi juga ada program kemitraan di mana kita membantu para UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

Selain mendaptkan pinjaman modal, Pertamina juga akan memberikan pelatihan sesuai dengan bidang usahanya dan juga mendapatkan kesempatan berpartisipasi pada pameran tingkat lokal, nasional, maupun internasional.



Related Posts

Posting Komentar

Kiri Ads

NA

Advertisement

Subscribe Our Newsletter